Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakaian Adat Aceh Lengkap Nama, Gambar Motif, dan Penjelasannya

Pakaian adat Aceh masyarakat menyebutnya Baju Ulee Balang. Pakaian dikenakan baik untuk pria maupun wanita. Uniknya, pakaian pria dan wanita Aceh memiliki nama yang berbeda, pakaian pria disebut Linta Baro, dan pakaian wanita disebut Daro Baro.

Pada zaman sejarah pakaian tersebut biasa dikenakan oleh para sultan serta para pembesar kerajaan Aceh kala itu, namun di era modern pakaian adat tersebut biasa digunakan oleh kedua mempelai yang akan melangsungkan sebuah pernikahan.

Pakaian adat Aceh memiliki ciri khas sendiri yang tentunya mencerminkan seni dan budaya masyarakatnya. Pakaian pria (Linta Baro) biasa digunakan oleh pria dewasa ketika menghadiri sebuah upacara adat maupun acara resmi pemerintahan. Menurut beberapa sumber sejarah, pakaian tersebut telah ada sejak zaman Kerajaan Perlak dan Samudra Pasai.

Baju Linta Baro terdiri dari baju dan celana panjang yang masing-masing memiliki nama sendiri. Baju atas disebut Baju Meukasah, sedangkan celana panjangnya disebut Siluweu. Pakaian adat Aceh dilengkapi asesoris kain sarung namanya ijo krong, sebilah siwah/rencong (senjata tradisional khas Aceh), dan penutup kepala disebut Meukeutop.

4 Motif Pakaian Adat Aceh
Karena perkembangan zaman, pakaian adat Aceh memiliki banyak motif, namun karena keterbatasan di sini kami contohkan 4 motif saja, yang mayoritas pakaian tersebut dikenakan untuk upacara pengantin.

Motif Pakaian Adat Aceh 1

Gambar Motif Pakaian Adat Aceh 1
Motif Pakaian Adat Aceh 1

Motif Pakaian Adat Aceh 2

Gambar Motif Pakaian Adat Aceh 2
Motif Pakaian Adat Aceh 2

Motif Pakaian Adat Aceh 3

Gambar Motif Pakaian Adat Aceh 3
Motif Pakaian Adat Aceh 3

Motif Pakaian Adat Aceh 4

Gambar Motif Pakaian Adat Aceh 4
Motif Pakaian Adat Aceh 4
Selain pakaian adat, Provinsi Aceh juga memiliki budaya adat lainnya, selengkapnya silahkan baca: Senjata Tradisional Aceh dan Rumah Adat Aceh

Demikian Pakaian Adat Aceh Lengkap Nama dan Gambarnya, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pada pecinta budaya nusantara.

Ingin tahu di mana letak Aceh? Silahkan kunjungi: Peta Aceh

Di Aceh pernah berdiri sebuah kerajaan yang sangat terkenal pada zamannya, kunjungi: Munculnya Kerajaan Aceh Darussalam

Untuk mengetahui pakaian adat di seluruh provinsi Indonesia, silahkan baca: 34 Gambar Pakaian Adat

Cari informasi lebih banyak: Pakaian Adat
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com