Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Aceh Lengkap dengan nama Kabupaten dan Kota

Kilas Sejarah Aceh: Peta Aceh lengkap dengan nama provinsi dan kota - Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung utara Pulau Sumatra. Provinsi yang disebut sebagai Serambi Mekah ini memiliki peran penting dalam catatan sejarah Indonesia, mulai prasejarah, zaman kerajaan, zaman perjuangan melawan bangsa Barat hingga Indonesia merdeka.

Pada zaman kerajaan, Aceh merupakan sebuah kerajaan yang besar dan kuat. Karena letaknya yang strategis perdagangan di sana telah maju pada zamannya. Pedagang dari bangsa Barat maupun bangsa Barat banyak melakukan transaksi perdagangan di Aceh. Sehingga percampuran kebudayaan Islam maupun Barat terjadi. Aceh juga tak luput dari perannya pada Proses masuknya Islam ke Indonesia.

Lebih jauh mengenai Aceh pada zaman kerajaan silahkan baca artikel sejarah : Kerajaan Islam Aceh

Peta Aceh

Kembali ke pokok bahasan Peta Aceh, jika dilihat dari petanya wilayah Aceh tidak begitu luas jika dibanding dengan deretan provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Semakin ke utara wilayahnya semakin sempit. Ibu kota provinsi Aceh bernama Banda Aceh yang letaknya di ujung utara.

Gambar Peta Aceh lengkap dengan nama provinsi dan kota 


Provinsi yang berbatasan dengan Aceh: Sumatra Utara



Batas Provinsi Aceh

Wilayah Aceh bagian utara dan timur berbatasan langsung dengan Selat Malaka, bagian selatan dengan Provinsi Sumatra Utara dan bagian barat dengan Samudera Indonesia.

Dari peta Aceh di atas dapat kita lihat betapa wilayah provinsi Aceh tidak begitu besar, bahkan cenderung kecil. Namun, provinsi ini merupakan alam makmur yang menyimpan catatan sejarah Islam yang sangat besar.

Hingga admin menuliskan artikel Peta Aceh ini, provinsi tersebut dibagi dalam wilayah 18 kabupaten dan 5 kota. Bagi anda yang ingin mengetahui nama kabupaten dan kota yang ada di Aceh, berikut kami lampirkan daftarnya beserta ibu kota masing-masing kabupaten dan kota.

Kabupaten dan Kota di Aceh: Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Kota Banda Aceh, Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, Kota Sabang, Kota Subulussalam

Selengkapnya mengenai Provinsi Aceh silahkan lihat di situs resmi pemerintah Aceh yang beralamat di: acehprov.go.id



Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Aceh lengkap dengan nama provinsi dan kota, semoga menjadikan manfaat untuk lebih mengenal Provinsi Aceh.

Untuk mengetahui lebih detail silahkan baca juga: Peta Aceh
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com