Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lambang Nanggroe Aceh Darussalam Lengkap Artinya

Lambang Nanggroe Aceh Darussalam diambil dari kopiah Aceh berbentuk segi lima. Pada lambang tersebut juga terdapat beberapa si,bol dan warna yang mempunyai makna mendalam bagi masyarakat Provinsi Aceh.

Arti Lambang Provinsi Aceh

Bentuk lambang segi lima tersebut mengisyaratkan falsafah hidup rakyat dan Pemerintah Provinsi Aceh. Falsafah hidup rakyat dan pemerintah Aceh itu disebut Pancasila. Pancasila yang dimaksud meliputi hal-hal sebagai berikut:
  1. Cinta keadilan.
  2. Cinta keadilan dilambangkan dengan gambar dacin.
  3. Cinta kemakmuran, dilambangkan dengan gambar padi, lada, kapas, dan cerobong. Padi melambangkan bahan pangan pokok, lada melambangkan kekayaan utama Aceh pada masa lampau, kapas melambangkan bahan sandang utama, cerobong melambangkan industrialisasi.
  4. Cinta kerukunan, dilambangkan dengan gambar kubah masjid.
  5. Cinta kesejahteraan, dilambangkan dengan gambar kitab dan kalam. Kitab dan kalam tersebut melambangkan kesejahteraan yang menjadi idaman dan tujuan kita hendaklah berlandaskan ilmu pengetahuan.

Gambar Lambang Nanggroe Aceh Darussalam
Lambang Nanggroe Aceh Darussalam Lengkap Artinya

Adapun warna-warna pada lambang tersebut mengandung makna sebagai berikut:
  1. Warna dasar putih bermakna kemurnian.
  2. Warna kuning bermakna kejayaan.
  3. Warna hijau bermakna kesejahteraan dan kemakmuran.

Selain memiliki lambang daerah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam juga memiliki maskot atau identitas daerah. Maskot atau identitas daerah tersebut berupa jenis flora dan fauna. Maskot flora berupa bunga jeumpa atau lebih dikenal bunga cempaka. Bagi masyarakat Aceh, bunga tersebut mempunyai nilai estetika, sehingga jika ditanam di pekarangan rumah. Tanaman bunga ini juga memiliki nilai ekonomi.

Sementara itu, maskot faunanya berupa burung cempala kuneng atau burung murai kuning, atau murai emas. Di Provinsi Aceh, jenis burung ini telah dikenal sejak lama, bahkan sejak zaman Sultan Iskandar Muda. Namun, keberadaannya terancam punah. Adapun alasan pemilihan burung ini sebagai maskot daerah agar tidak punah.

Di mana letak Provinsi Aceh? Silahkan baca : Peta Aceh Lengkap dengan nama Kabupaten dan Kota

Demikian Lambang Nanggroe Aceh Darussalam Lengkap Artinya, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca juga: