Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Fakta Menarik Tentang Indonesia yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Walaupun sebagai warga negara Indonesia, tapi kita secara umum banyak yang tidak tahu fakta menarik tentang negara kita. Indonesia dengan 17.508 pulau merupakan negara keempat di dunia yang paling banyak penduduknya. Negara ini dikelilingi Papua New Guinea, Timor Timur dan Malaysia.

Sudah sepantasnya kita mengetahui fakta menarik tentang negara kita, yang disusun oleh pihak yang bukan berkebangsaan Indonesia, yang juga menyusun 11 fakta menarik lainnya tentang berbagai negara dunia.

Gambar Peta Indonesia yang memiliki 11 Fakta Menarik
Peta Indonesia yang memiliki 11 Fakta Menarik

11 Fakta Menarik Tentang Indonesia 

Inilah 11 fakta menarik tentang Indonesia  :

Kepulauan Terpanjang

Indonesia merupakan jejeran kepulauan tepanjang dan terluas di dunia. Ada sekitar 17.508 pulau dan sekitar 6000 pulau dihuni manusia. New Guinea, Borneo (Kalimantan), dan  Sumatra masuk dalam 10 besar pulau terluas dunia. Dengan penduduk sekitar 250 juta jiwa, Pulau Jawa merupakan pulau paling banyak dihuni dibanding penduduk pulau lain di dunia ini.

Kepulauan tersebut di bagi dalam 34 provinsi yang memiliki peta-peta tersendiri, selengkapnya silahkan baca: Tabel 34 provinsi di Indonesia dan ibukotanya lengkap dengan peta

Keajaiban Dunia

Candi Borobudur yang ada di Indonesia, merupakan candi Budha terbesar di dunia. Ini pernah tercatat sebagai salah satu dari Tujuh Kejaiban Dunia.
Selengkapnya silahkan baca: Sejarah Candi Borobudur

Invasi

Marco Polo merupakan orang Eropa pertama yang masuk ke Indonesia. Ia melakukan perjalanan panjang untuk mencari rempah-rempah sebagai komoditas penting di negaranya.

Cuplikan kisah Marcopolo ini silahkan baca artikel: Masuknya Islam zaman kerajaan Perlak di Sumatra

Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, sehingga banyak orang-orang tua Indonesia yang mahir berbahasa Belanda. Banyak kata-kata dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Belanda.

Khatulistiwa

Garis khatulistiwa membentang melewati pulau-pulau, sehingga pulau-pulau itu menjadi salah satu tujuan wisata turis mancanegara. Iklimnya khas khatulistiwa dengan rata-rata 20-34 derajat Celsius. Garis khatulistiwa itu memotong pulau Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan serta beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Cincin Api

Ada beberapa fakta menarik tentang Indonesia dikaitkan dengan “cincin api”, seperti berikut ini  :
  • Indonesia merupakan bagian dari “Cincin Api (The Ring of Fire), susunan grup gunung merapi 
  • Sekitar 75% gunung merapi di jajaran “Cincin Api” berada di Indonesia.
  • Gunung Tambora meletus pada 1815, merupakan salah satu letusan gunung merapi terkuat di dunia. Letusan itu berpengaruh pada iklim global sehingga saat itu muncul istilah “tahun tanpa musim panas”.
Untuk mengetahui gunung apa saja yang paling tinggi di negeri kita ini, silahkan baca: Gunung tertinggi di Indonesia dan tempatnya

Keanekaragaman Hayati

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati cukup kaya. Ular terpanjang pernah ditemukan di negara ini, panjangnya 10 meter, pada 1912. Ikan lumpur “The Mudskipper” dapat berjalan, memanjat dan melompat ke pohon dan bernafas terdapat di negara ini. Bunga Rafflesia Arnoldi, sering disebut bunga Bangkai dengan tinggi lima kaki dan lebar empat kaki ada di sini dan beratnya tujuh kilo.

Pulau Komodo merupakan rumah Komodo besar, yang panjangnya dapat mencapai tiga meter. Ini satu-satunya negara yang memiliki binatang seperti naga itu.

Penduduk

Ada sekitar 300 etnis di negara ini dengan 583 bahasa serta dialek berbeda yang dipakai penduduk di berbagai pulau negara ini. Bahasa resminya adalah Bahasa Indonesia.

Selera/makanan utama

Nasi merupakan makanan utama  dan bila menyantap sesuatu tanpa nasi maka belum dianggap makan pagi, siang atau malam. Indonesia juga suka makanan pedas. Bahan masakan bersantap orang Indonesia di antaranya selalu termasuk santan kelapa, ikan dan ayam, serta cabai.

Olahraga

Bulu tangkis serta sepak bola merupakan dua cabang paling popular di negara ini. Tapi cabang ini tidak luput dari perj*dian.

Sejarah

Ada beberapa fakta penting menarik tentang sejarah Indonesia. Ibukota negara, Jakarta, sebelumnya dikenal dengan nama Batavia ketika dijajah Belanda. Kehidupan sudah berlangsung dan dalam catatan sejarah sejak dua juta tahun lalu di negara ini. Ini terbukti dengan terdapatnya berbagai fosil di Surakarta dan Sangiran sebagai Manusia Jawa atau   “Homo Erectus”.

Silahkan baca ulasannya di artikel sejarah: Ramapithecus, Australopithecus, dan Homo Erectus

Zona Waktu

Daratan Indonesia amat luas, banyak daerah yang masih tertutup dan ini yang paling menarik negara ini memiliki tiga zona waktu. Ini merupakan salah satu negara yang pulaunya belum sepenuhnya dieksplorasi atau dipetakan.

Selengkapnya tentang zona waktu silahkan baca: Peta Pembagian Waktu di Indonesia

Demikian ulasan 11 Fakta Menarik Tentang Indonesia yang Mungkin Tidak Anda Sadari, semoga menambah kecintaan kita terhadap negeri tercinta.

Sumber: www.mimbar-rakya.com