Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Kabupaten Sukoharjo: Panduan Lengkap dengan Informasi Terbaru

Peta Kabupaten Sukoharjo: Pentingnya Memahami Lokasi dan Kecamatan Kabupaten Sukoharjo

Sobat Raita, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang Peta Kabupaten Sukoharjo serta pentingnya memahami lokasi dan kecamatan di dalamnya. Ketika datang ke Kabupaten Sukoharjo, penting untuk memiliki pemahaman yang komprehensif tentang peta, lokasi, dan kecamatan agar dapat merencanakan perjalanan atau menjelajahi wilayah ini dengan lebih baik. Yuk, kita mulai!

Peta Kabupaten Sukoharjo

Peta Kabupaten Sukoharjo dan Signifikansinya

Peta Kabupaten Sukoharjo adalah alat yang penting untuk navigasi dan pemahaman wilayah administratif Kabupaten Sukoharjo. Dengan menggunakan peta ini, pengunjung dapat melihat letak geografis, batas wilayah, dan juga kecamatan yang ada di Sukoharjo. Peta ini juga dapat membantu dalam merencanakan perjalanan, menentukan rute terbaik, serta menemukan tempat-tempat menarik di Sukoharjo.

Apabila Anda berencana mengunjungi Sukoharjo, penting untuk memahami peta ini agar dapat mengoptimalkan waktu dan perjalanan Anda di daerah ini. Peta Kabupaten Sukoharjo juga dapat menjadi sumber informasi terkini tentang perkembangan wilayah ini, seperti perkembangan infrastruktur, tempat wisata, atau fasilitas umum yang baru.

Lokasi dan Perbatasan Kabupaten Sukoharjo

Kabupaten Sukoharjo terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki perbatasan dengan Kota Surakarta di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar di sebelah barat, Kabupaten Wonogiri di sebelah selatan, Kabupaten Gunungkidul di sebelah timur, Kabupaten Klaten di sebelah barat laut, dan Kabupaten Boyolali di sebelah tenggara. Letaknya yang strategis membuat Sukoharjo menjadi pusat transportasi yang penting di Jawa Tengah.

Perbatasan ini memberikan aksesibilitas yang baik ke berbagai wilayah sekitar, termasuk kota-kota besar seperti Solo (Surakarta), Yogyakarta, dan Semarang. Dengan demikian, Sukoharjo menjadi titik strategis untuk berbagai kegiatan bisnis, pariwisata, dan perdagangan di Jawa Tengah.

Daftar Kecamatan di Sukoharjo

Kabupaten Sukoharjo terdiri dari beberapa kecamatan yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan wilayah ini. Berikut adalah daftar lengkap kecamatan yang ada di Sukoharjo:

  • Kecamatan Weru
  • Kecamatan Tawangsari
  • Kecamatan Sukoharjo
  • Kecamatan Polokarto
  • Kecamatan Nguter
  • Kecamatan Mojolaban
  • Kecamatan Kartasura
  • Kecamatan Grogol
  • Kecamatan Gatak
  • Kecamatan Bulu
  • Kecamatan Bendosari
  • Kecamatan Baki

Setiap kecamatan yang ada di Sukoharjo memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Beberapa kecamatan mungkin memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, sementara yang lain mungkin lebih dikenal karena potensi pertanian atau industri. Menjelajahi setiap kecamatan dapat memberikan pengalaman berbeda-beda dalam mengenal Sukoharjo.

Kesimpulan

Sobat Raita, memahami peta, lokasi, dan kecamatan di Kabupaten Sukoharjo sangatlah penting dalam merencanakan perjalanan atau menjelajahi wilayah ini. Peta Kabupaten Sukoharjo dapat memberikan informasi terkini tentang perkembangan wilayah ini dan membantu Anda dalam merencanakan rute terbaik. Jangan lupa untuk menjelajahi setiap kecamatan di Sukoharjo untuk menemukan keunikan dan potensi yang ada di dalamnya. Sampai jumpa di Sukoharjo!

Peta Kabupaten Sukoharjo dapat ditemukan di link ini. Link ini berisi informasi lengkap mengenai peta Jawa Tengah, termasuk peta Kabupaten Sukoharjo.

Lokasi dan Koordinat Peta Kabupaten Sukoharjo yang Strategis

Lokasi Kabupaten Sukoharjo di Jawa Tengah

Kabupaten Sukoharjo terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki perbatasan dengan beberapa wilayah penting, yaitu Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali. Letaknya yang strategis sebagai pusat transportasi utama di Jawa Tengah membuat Sukoharjo menjadi salah satu destinasi yang menarik bagi wisatawan maupun pengusaha.

Koordinat Peta Kabupaten Sukoharjo

Peta Kabupaten Sukoharjo memiliki koordinat geografis yang ditandai dengan garis lintang dan garis bujur. Kabupaten ini terletak pada lintang -7.6483506 dan bujur 110.8552919. Dengan koordinat yang terletak di pusat wilayah Jawa Tengah, Kabupaten Sukoharjo memberikan aksesibilitas yang baik ke berbagai destinasi di sekitarnya.

Peta Kecamatan di Sukoharjo yang Menawarkan Kemajuan dan Potensi

Kabupaten Sukoharjo terdiri dari beberapa kecamatan yang memiliki keunikan dan potensi yang berbeda-beda. Setiap kecamatan di Sukoharjo memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan wilayah ini. Berikut adalah beberapa kecamatan yang ada di Sukoharjo:

  • Kecamatan Weru yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat.
  • Kecamatan Tawangsari yang memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang menarik.
  • Kecamatan Sukoharjo yang menjadi pusat pemerintahan dan memiliki beragam fasilitas umum.
  • Kecamatan Polokarto yang memiliki kemajuan dalam sektor industri dan perdagangan.
  • Kecamatan Nguter yang terkenal dengan produksi batiknya yang berkualitas.
  • Kecamatan Mojolaban yang menyuguhkan kekayaan budaya dan seni tradisional.
  • Kecamatan Kartasura yang menjadi pusat pendidikan dan objek wisata edukasi.
  • Kecamatan Grogol yang memiliki potensi pertanian dan keindahan alam yang memikat.
  • Kecamatan Gatak yang terkenal dengan sentra produksi kerajinan kayu dan tahu.
  • Kecamatan Bulu yang memiliki potensi pariwisata dan pertanian yang menjanjikan.
  • Kecamatan Bendosari yang terkenal dengan produksi beras organik dan sentra kerajinan.
  • Kecamatan Baki yang memiliki potensi pertanian dan kesenian tradisional yang kaya.

Keunikan dan potensi setiap kecamatan inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dan pelaku industri untuk menjelajahi dan berinvestasi di Sukoharjo.

Informasi Detail tentang Kabupaten Sukoharjo

Untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang Kabupaten Sukoharjo, berikut adalah detail tentang Kabupaten Sukoharjo dalam bentuk tabel:

Nama KabupatenProvinsiNegaraKoordinatLuas WilayahJumlah PendudukKepadatan Penduduk
SukoharjoJawa TengahIndonesialat: -7.6483506, long: 110.855291948.65 km²524,017 jiwa10,771 jiwa/km²

Tabel di atas memberikan gambaran singkat tentang Sukoharjo, termasuk lokasinya di Jawa Tengah dan koordinat geografisnya. Selain itu, tabel ini juga mencakup luas wilayah Kabupaten Sukoharjo, jumlah penduduk, dan kepadatan penduduk.

Luas Wilayah

Kabupaten Sukoharjo memiliki luas wilayah sebesar 48.65 km². Meskipun Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten yang relatif kecil di Jawa Tengah, wilayahnya memiliki keanekaragaman alam yang menarik untuk dijelajahi.

Jumlah Penduduk

Menurut data terbaru, Kabupaten Sukoharjo memiliki jumlah penduduk sebanyak 524,017 jiwa. Penduduk Kabupaten Sukoharjo terdiri dari beragam suku dan memiliki sejarah yang kaya.

Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk di Kabupaten Sukoharjo mencapai 10,771 jiwa/km². Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu daerah yang padat penduduknya di Jawa Tengah. Namun, meskipun padat, Sukoharjo tetap menjaga keindahan alamnya dan memberikan kenyamanan bagi penduduknya.

Dengan informasi detail yang diberikan melalui tabel ini, diharapkan pengunjung dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang Kabupaten Sukoharjo. Informasi ini dapat berguna dalam perencanaan perjalanan atau hanya sekadar untuk menambah pengetahuan tentang daerah ini.

Informasi lainnya mengenai provinsi Jawa Tengah dapat ditemukan di link ini. Link ini memberikan berita terbaru seputar provinsi Jawa Tengah.

Peta Kabupaten Sukoharjo: FAQ

1. Apa itu Peta Kabupaten Sukoharjo?

Peta Kabupaten Sukoharjo adalah representasi visual dari wilayah administratif Kabupaten Sukoharjo beserta kecamatan-kecamatan di dalamnya. Peta ini menyajikan gambaran lengkap tentang batas wilayah, kecamatan, serta lokasi strategis Kabupaten Sukoharjo di Provinsi Jawa Tengah.

2. Bagaimana cara menggunakan Peta Kabupaten Sukoharjo?

Anda dapat menggunakan Peta Kabupaten Sukoharjo untuk mengetahui lokasi dan merencanakan perjalanan di wilayah Sukoharjo. Peta ini dapat membantu Anda menemukan kecamatan yang ingin dijelajahi, mencari rute terbaik, dan mengidentifikasi lokasi yang sedang Anda tuju.

3. Dimana saya dapat menemukan Peta Kabupaten Sukoharjo yang terbaru?

Anda dapat menemukan Peta Kabupaten Sukoharjo yang terbaru di sumber resmi pemerintah setempat. Pergi ke situs web resmi pemerintah Kabupaten Sukoharjo akan memberi Anda akses ke peta terbaru dan informasi lain yang relevan tentang wilayah ini.

4. Apa kegunaan Peta Kabupaten Sukoharjo?

Peta Kabupaten Sukoharjo berguna untuk navigasi, perencanaan perjalanan, dan pemahaman tentang wilayah administratif Sukoharjo. Peta ini dapat membantu Anda menemukan lokasi yang Anda cari, menentukan rute terbaik, dan mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kecamatan dan batas wilayah Sukoharjo.

5. Apa fungsi dari koordinat geografis dalam Peta Kabupaten Sukoharjo?

Koordinat geografis digunakan untuk menentukan posisi suatu lokasi dengan akurasi tertentu di Peta Kabupaten Sukoharjo. Koordinat ini terdiri dari garis lintang dan garis bujur yang dapat membantu Anda menemukan lokasi dengan lebih presisi dan akurat.

6. Apa yang membuat Sukoharjo menarik?

Sukoharjo menawarkan keindahan alam yang mempesona, kekayaan budaya yang khas, serta potensi pertanian dan pariwisata yang menarik untuk dijelajahi. Dari kecamatan Weru yang terkenal dengan wisata alamnya yang indah, hingga kecamatan Polokarto yang terkenal dengan pertanian dan produksi batiknya, setiap kecamatan di Sukoharjo memiliki daya tariknya sendiri bagi para pengunjung.

7. Apa wilayah yang ada di Sukoharjo?

Wilayah Sukoharjo terdiri dari kecamatan-kecamatan seperti Weru, Tawangsari, Sukoharjo, Polokarto, Nguter, Mojolaban, Kartasura, Grogol, Gatak, Bulu, Bendosari, dan Baki. Setiap kecamatan memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda, memperkaya keragaman Sukoharjo sebagai tujuan wisata dan pertanian yang menarik.

8. Bagaimana transportasi di Sukoharjo?

Transportasi di Sukoharjo sangat terjangkau dan mudah diakses. Kabupaten ini dilalui oleh jaringan jalan yang baik, yang menghubungkan kecamatan-kecamatan dan kota-kota tetangga dengan lancar. Selain itu, Sukoharjo juga memiliki stasiun kereta api yang memudahkan akses ke tempat lain di Jawa Tengah.

9. Apa julukan Kabupaten Sukoharjo?

Kabupaten Sukoharjo dikenal dengan julukan "Kota Jamu" dan "Kota Pramuka" yang menggambarkan sektor pertanian dan kegiatan pramuka yang aktif di daerah ini. Julukan ini mencerminkan keunikan dan kegiatan yang khas di Sukoharjo, serta peran pentingnya dalam mengembangkan sektor pertanian dan mendukung kegiatan pramuka sebagai bagian dari pembinaan karakter masyarakat.

10. Bagaimana saya bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Sukoharjo?

Anda dapat mengunjungi situs web resmi pemerintah Kabupaten Sukoharjo untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang wilayah ini. Situs ini menyediakan berbagai informasi tentang kecamatan, tempat wisata, infrastruktur, dan berbagai kegiatan yang dapat Anda ikuti di Sukoharjo.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih langsung, Anda juga bisa mengunjungi Sukoharjo dan berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Mereka akan dengan senang hati berbagi informasi dan cerita menarik tentang wilayah ini.

Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi Sukoharjo dan menggali lebih dalam tentang keunikannya yang memikat. Dengan menggunakan Peta Kabupaten Sukoharjo, Anda dapat merencanakan perjalanan yang menyenangkan dan memuaskan di wilayah ini.

Sebagai catatan tambahan, pastikan Anda selalu mengikuti petunjuk dan informasi terbaru dari pemerintah setempat untuk menghindari masalah atau perubahan yang tidak diinginkan selama perjalanan Anda. Selamat menjelajahi Sukoharjo!

Untuk informasi tentang Jawa Tengah secara umum, Anda dapat mengunjungi link ini. Link ini menyediakan berbagai informasi menarik mengenai provinsi Jawa Tengah.

Kesimpulan: Menyelami Keunikan dan Potensi Wisata Sukoharjo

Demikianlah panduan lengkap tentang Peta Kabupaten Sukoharjo. Kabupaten ini merupakan destinasi yang kaya akan keunikan budaya, keindahan alam, serta potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Dalam artikel ini, kami telah memberikan informasi terbaru seputar peta, lokasi, dan kecamatan di Sukoharjo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang tempat ini.

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Sukoharjo, kami menyarankan untuk mencari informasi lebih lanjut di sumber-sumber resmi pemerintah setempat. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo memiliki situs web resmi yang menyediakan informasi terkini tentang wisata, budaya, dan kegiatan di daerah ini. Dengan mengunjungi situs web tersebut, Anda dapat menemukan informasi terbaru yang dapat membantu Anda merencanakan kunjungan ke Sukoharjo.

Selain itu, Sukoharjo juga memiliki julukan yang menggambarkan sektor pertanian dan kegiatan pramuka yang aktif di daerah ini. Kabupaten Sukoharjo dikenal dengan sebutan "Kota Jamu" dan "Kota Pramuka". Jika Anda tertarik dengan sejarah dan budaya Sukoharjo, Anda dapat menjelajahi kecamatan-kecamatan di Kabupaten ini, mulai dari Weru, Tawangsari, Sukoharjo, Polokarto, Nguter, Mojolaban, Kartasura, Grogol, Gatak, Bulu, Bendosari, dan Baki.

Wilayah Sukoharjo menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik. Anda dapat menikmati keindahan alam di objek wisata seperti air terjun, perkebunan teh, dan pegunungan yang membentang di sekitar Kabupaten ini. Sukoharjo juga memiliki situs sejarah dan budaya, seperti candi, museum, dan kompleks keraton yang dapat Anda kunjungi untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang sejarah dan budaya Indonesia.

Ketika mengunjungi Sukoharjo, jangan lupa mencoba makanan khas daerah ini. Kabupaten ini memiliki beragam kuliner yang lezat, seperti nasi liwet, megono, kipo, dan berbagai olahan jamu tradisional. Selain itu, Sukoharjo juga terkenal dengan kerajinan tangan yang berkualitas, seperti batik, anyaman, dan patung kayu.

Kami berharap panduan ini memberikan insight yang berharga dan membantu Anda merencanakan kunjungan yang menyenangkan ke Sukoharjo. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya dengan informasi menarik lainnya!

Baca juga: [Judul Artikel Terkait]