Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Kabupaten Demak: Informasi dan Deskripsi Lengkap

Sobat Raita, Selamat Datang! Nikmati Informasi dan Deskripsi Lengkap tentang Peta Kabupaten Demak

Salam hangat, Sobat Raita! Apakah kamu penasaran dengan informasi terkini tentang Kabupaten Demak? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala hal mengenai Peta Kabupaten Demak. Jadi, siapkan dirimu untuk menemukan deskripsi lengkap dan beragam informasi menarik seputar kabupaten ini. Mari kita mulai perjalanan kita!

Peta Kabupaten Demak

1. Mengenal Kabupaten Demak

a. Lokasi Strategis di Jawa Tengah

Kabupaten Demak terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki posisi yang strategis, berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah barat, Kabupaten Jepara di sebelah utara, Kabupaten Kudus di sebelah timur, Kabupaten Grobogan di sebelah tenggara, serta Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di sebelah selatan dan barat. Letaknya yang strategis membuat Kabupaten Demak menjadi wilayah yang mudah diakses dari berbagai arah.

b. Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk

Secara geografis, Kabupaten Demak mencakup area seluas 897,43 kilometer persegi. Ketika membicarakan jumlah penduduk, kabupaten ini menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 1.203.956 jiwa pada tahun 2020. Dengan luas wilayah yang signifikan dan populasi yang padat, Kabupaten Demak memiliki potensi besar dalam berbagai aspek kehidupan.

2. Keunikan Geografis dan Iklim Kabupaten Demak

a. Kawasan Pesisir dan Lahan Basah

Kabupaten Demak memiliki keunikan geografis dengan adanya daerah pesisir dan lahan basah. Daerah pesisir di bagian barat memungkinkan kabupaten ini memiliki akses ke Laut Jawa, yang menjadi sumber daya alam yang penting dalam berbagai sektor. Selain itu, keindahan pantai yang dimiliki Kabupaten Demak membuatnya menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata pantai di Kabupaten Demak menawarkan pemandangan yang menakjubkan, pasir putih yang lembut, serta kegiatan rekreasi seperti berenang, berjemur, atau bermain air.

Di sisi lain, lahan basah di wilayah ini memainkan peran penting dalam konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati. Kabupaten Demak memiliki beberapa lahan basah yang dilestarikan, seperti hutan bakau dan rawa-rawa. Keberadaan lahan basah tersebut menarik berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di lingkungan ini. Para pengunjung dapat menjelajahi ekosistem yang unik dan melihat keindahan alam yang alami.

b. Iklim Tropis dengan Musim Hujan dan Kemarau

Iklim Kabupaten Demak termasuk dalam kategori iklim tropis. Menurut klasifikasi iklim Köppen, kabupaten ini mengalami dua musim yang jelas, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan biasanya berlangsung antara Oktober hingga April, sementara musim kemarau terjadi dari Mei hingga September. Musim hujan yang cukup panjang di Kabupaten Demak menyebabkan pertumbuhan vegetasi yang subur dan menjadikan kabupaten ini sebagai daerah pertanian yang subur. Di sisi lain, musim kemarau memberikan cuaca yang kering dan panas, terutama pada bulan-bulan puncak musim kemarau. Mengetahui iklim kabupaten ini sangat penting dalam mengelola berbagai sektor, terutama pertanian dan pariwisata.

Jelajahi lebih lanjut tentang provinsi Jawa Tengah dengan mengunjungi tag provinsi Jawa Tengah di website kami.

Dalam tabel perincian Kabupaten Demak, terdapat beberapa informasi penting yang memberikan gambaran tentang wilayah ini. Kabupaten Demak memiliki luas wilayah sebesar 897,43 kilometer persegi. Dengan luas wilayah yang signifikan ini, Kabupaten Demak menjadi salah satu kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah.Selain luas wilayah, jumlah penduduk di Kabupaten Demak juga mencerminkan tingkat kepadatan penduduk yang signifikan. Pada tahun 2020, jumlah penduduk Kabupaten Demak mencapai lebih dari 1.203.956 jiwa. Dengan populasi yang padat, Kabupaten Demak menjadi salah satu wilayah yang sangat ramai di Jawa Tengah.Wilayah Kabupaten Demak yang berada di bagian barat juga memiliki keunikan sebagai wilayah pesisir. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Kabupaten Demak memiliki akses ke laut yang menjadi sumber daya alam yang penting dalam berbagai sektor, terutama sektor perikanan dan pariwisata. Keberadaan wilayah pesisir ini memberikan potensi untuk pengembangan ekonomi dan ketahanan pangan di Kabupaten Demak.Musim hujan dan musim kemarau juga merupakan informasi penting dalam tabel perincian Kabupaten Demak. Musim hujan biasanya terjadi antara bulan Oktober hingga April, sementara musim kemarau terjadi dari bulan Mei hingga September. Pengetahuan tentang pola cuaca ini sangat penting dalam mengelola berbagai sektor, terutama sektor pertanian. Musim hujan yang cukup lama dapat dimanfaatkan untuk mengairi persawahan dan tanaman, sementara musim kemarau dapat dimanfaatkan untuk mengatur irigasi dan pemeliharaan tanaman.Dengan begitu, Kabupaten Demak memiliki keunikan geografis dan iklim yang berkontribusi pada berbagai aspek kehidupan di wilayah ini. Dengan luas wilayah yang signifikan, jumlah penduduk yang padat, wilayah pesisir yang menjadi potensi ekonomi, serta pola musim yang khas, Kabupaten Demak memiliki banyak potensi dan peluang untuk berkembang dalam berbagai sektor, seperti pariwisata, pertanian, perikanan, dan lain sebagainya.Dalam tabel perincian Kabupaten Demak dapat ditemukan informasi penting tentang luas wilayah, jumlah penduduk, wilayah pesisir, musim hujan, dan musim kemarau. Informasi-informasi ini berguna untuk memahami karakteristik wilayah ini serta memberikan gambaran tentang potensi dan peluang yang dapat dikembangkan di Kabupaten Demak.

Untuk mengetahui lokasi Kabupaten Demak, Anda bisa melihat di peta Jawa Tengah. Kabupaten Demak terletak di provinsi Jawa Tengah yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Pertanyaan Umum tentang Peta Kabupaten Demak

1. Apa yang dimaksud dengan peta Kabupaten Demak?

Peta Kabupaten Demak adalah representasi visual dari wilayah Kabupaten Demak, lengkap dengan batas-batasnya, titik penting, dan informasi geografis lainnya. Peta ini digunakan untuk membantu navigasi dan pemahaman mengenai wilayah kabupaten ini.

2. Bagaimana cara mendapatkan peta Kabupaten Demak?

Untuk mendapatkan peta Kabupaten Demak, kamu dapat mengaksesnya secara online melalui situs resmi Pemerintah Kabupaten Demak atau sumber-sumber terpercaya lainnya. Kamu juga bisa mengunjungi kantor pemerintah setempat untuk mendapatkan peta fisik.

3. Apa informasi yang dapat ditemukan dalam peta Kabupaten Demak?

Dalam peta Kabupaten Demak, terdapat informasi penting seperti batas wilayah kabupaten, lokasi ibu kota, dan sungai-sungai yang melintasi wilayah kabupaten ini. Peta juga mencakup jaringan jalan utama, landmark terkenal, serta tempat-tempat penting seperti sekolah, kantor pemerintahan, dan tempat wisata.

4. Apa manfaat menggunakan peta Kabupaten Demak?

Peta Kabupaten Demak memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam navigasi, peta ini membantu dalam perencanaan perjalanan dan mengidentifikasi lokasi penting. Peta juga dapat digunakan untuk pemetaan risiko bencana, pengembangan infrastruktur, dan penelitian ilmiah yang berkaitan dengan geografi dan lingkungan.

5. Apa saja tempat wisata yang bisa dikunjungi di Kabupaten Demak?

Kabupaten Demak memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Agung Demak, yang merupakan candi-candi peninggalan sejarah yang indah. Selain itu, Penjalin Beach akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dengan panorama pantainya yang memukau. Para wisatawan juga dapat mengunjungi Roro Kuning Waterfall, yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Hutan Wisata Rawa Bening juga merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

6. Apakah terdapat acara atau festival khas di Kabupaten Demak?

Tentu saja! Kabupaten Demak memiliki beberapa acara dan festival khas setiap tahunnya yang menarik untuk dikunjungi. Festival Budaya Demak adalah acara yang merayakan kekayaan budaya kabupaten ini, dengan pertunjukan seni tradisional, tarian, dan musik. Festival Roro Jonggrang juga menampilkan keindahan tari Jawa klasik yang memukau. Selain itu, Pekan Olahraga Kabupaten Demak adalah acara olahraga yang melibatkan berbagai kompetisi dan pertandingan dari berbagai cabang olahraga.

7. Bagaimana cara menuju Kabupaten Demak?

Kabupaten Demak dapat dicapai melalui berbagai moda transportasi. Jika menggunakan transportasi udara, kamu dapat terbang ke Bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, dan kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju kabupaten ini. Selain itu, akses transportasi darat dan laut juga tersedia melalui akses jalan raya yang baik dan pelabuhan yang terdekat. Pilihan moda transportasi tergantung pada asal dan tujuan perjalananmu.

8. Apakah terdapat akomodasi untuk menginap di Kabupaten Demak?

Tentu saja! Kabupaten Demak memiliki berbagai pilihan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu. Kamu dapat memilih antara hotel berbintang, losmen, atau homestay yang nyaman dan terjangkau. Beberapa akomodasi juga menawarkan pemandangan yang indah dan fasilitas modern yang memanjakan para tamu.

9. Bagaimana keadaan infrastruktur di Kabupaten Demak?

Kabupaten Demak terus mengembangkan infrastrukturnya, terutama di sektor transportasi dan pariwisata. Pemerintah berkomitmen untuk memperbaiki jalan dan jembatan, serta membangun fasilitas transportasi publik yang lebih baik. Pembangunan pelabuhan dan pengembangan aksesibilitas juga menjadi fokus utama untuk meningkatkan konektivitas dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi di kabupaten ini.

10. Bagaimana cara mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Kabupaten Demak?

Untuk informasi lebih lanjut tentang Kabupaten Demak, kamu dapat mengunjungi situs resmi Pemerintah Kabupaten Demak. Situs ini menyediakan berbagai informasi terkini mengenai profil kabupaten, kegiatan pemerintah, dan berbagai layanan publik. Kamu juga bisa menghubungi kantor pemerintah setempat atau mencari sumber informasi terpercaya lainnya yang berkaitan dengan kabupaten ini.

Kesimpulan

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Raita! Sekarang kamu memiliki pemahaman yang lebih lengkap tentang Kabupaten Demak dan peta wilayahnya. Dengan menggunakan peta Kabupaten Demak, kamu dapat menjelajahi tempat-tempat wisata menarik, mengenal budaya setempat, serta memanfaatkan infrastruktur yang berkembang. Jangan lupa untu membaca artikel lainnya untuk informasi dan wawasan yang lebih luas. Selamat menjelajah, Sobat Raita!

Informasi lengkap mengenai Jawa Tengah bisa Anda dapatkan di sini. Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan kekayaan budaya dan pariwisata yang melimpah.