Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Senjata Tradisional Sumatera Barat Yang Terkenal Dan Penjelasannya

Senjata Tradisional Sumatera Barat – Senjata tradisional merupakan pembahasan yang menarik, sekaligus bisa menambah pengetahuan tentang kekayaan budaya Nusantara. Semua daerah di Indonesia memiliki beberapa senjata tradisional yang merupakan senjata pusaka dan turun-temurun dari kerajaan pada zaman dahulu.

Nama Senjata Tradisional Sumatera Barat

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang senjata tradisional Sumatera Barat yang terkenal memiliki ciri khas dan beragam keunikannya. Nama Senjata Tradisional Sumatera Barat adalah . Untuk mendapatkan pemahaman seutuhnya, silakan mengikuti penjelasan berikut ini.

Kerambit Sumatera Barat

Kerambit adalah senjata tradisional Sumatera Barat yang paling terkenal. Kepopuleran senjata tersebut sangat luar biasa, karena serangan yang ditimbulkannya sangat mematikan. Bahkan senjata ini diadopsi oleh US Marshal sebagai senjata yang wajib dimiliki oleh setiap tentaranya.

Gambar Kerambit Senjata Tradisional Sumatera Barat
Kerambit Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Barat

Kerambit berbentuk pisau dengan lengkungan siku pada bilahnya. Bilah yang tajam dan ujung yang runcing membuat senjata ini bisa melukai lawan dengan efek yang fatal. Sayatan dari senjata ini bisa menimbulkan luka dalam yang dapat memutus urat dan otot yang terkena.

Karih Sumatera Barat

Karih merupakan sebutan dalam bahasa Minang untuk keris. Sebagaimana masyarakat sub-etnis Melayu lainnya, keris juga terdapat pada budaya masyarakat Minangkabau. Keris Minang mempunyai beberapa ciri khas, yaitu jumlah luk atau lekukannya sedikit (bahkan nyari lusur), sudut luk yang lebar, serta hulunya yang berukir melengkung ke bawah.

Gambar Karih Senjata Tradisional Sumatera Barat
Karih Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Barat

Pada jaman dahulu, senjata tradisional Sumatera Barat tersebut dipakai kaum bangsawan dan penghulu kerajaan, namun pada saat ini karih hanya dipakai sebagai aksesoris pakaian adat pengantin pria Minang.

Kalewang Sumatera Barat

Kelewang berbentuk sejenis golok yang saat ini umumnya dipakai untuk kegiatan pertanian. Pada jaman dahulu, senjata ini dipakai sebagai senjata utama oleh prajurit kerajaan saat perang Padri berkecamuk pada awal abad ke-19. Senjata ini masih sering digunakan hingga sekarang karena multi guna dan bentuknya yang unik.

Gambar Kalewang Senjata Tradisional Sumatera Barat
Kalewang Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Barat

Ruduih Sumatera Barat

Ruduih adalah senjata yang mirip seperti kelewang. Senjata ini berbentuk mirip pedang dengan satu sisi bilah yang tajam. Kalau pada kelewang sisi bilah yang tajam umumnya lurus, maka pada Ruduih sisi tajamnya cenderung cembung ke dalam.

Gambar Ruduih Senjata Tradisional Sumatera Barat

Desain bilah semacam ini bisa mengakibatkan serangan yang lebih mematikan pada tubuh lawan . Tidak heran jika kemudian senjata tersebut dipakai oleh para prajurit kerajaan ketika perang Manggopoh berkecamuk pada tahun 1908.

Piarik Sumatera Barat

Piarik adalah sebuah tombak dengan 3 mata yang tajam. Di Sumatera Selatan, tombak piarik disebut Trisula. Bentuk senjata ini merupakan pengaruh peninggalan budaya Hindu Siwa di Sumatera Barat sebelum Islam masuk ke Indonesia.

Gambar Piarik Senjata Tradisional Sumatera Barat
Piarik Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Barat

Baca juga: 3 Macam Pakaian Adat Sumatera Barat

Untuk mengetahui letak wilayah Sumbar silahkan kunjungi: Peta Sumatra Barat

Demikian pembahasan mengenai Senjata Tradisional Sumatera Barat Yang Terkenal Dan Penjelasannya. Semoga memotivasi kita untuk berusaha melestarikan warisan budaya nenek moyang kita khususnya senjata tradisional. Terimakasih atas kunjungan Anda.