Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Senjata Tradisional Riau Lengkap, Gambar Dan Penjelasannya

Senjata Tradisional Riau – Provinsi Riau memiliki aneka ragam budaya dan adat istiadat yang sudah berkembang dari keberadaannya masyarakat Melayu. Beragam peninggalan sejarah yang saat ini bisa kita temukan membuktikan bahwa masyarakat asli provinsi Riau di masa lampau merupakan bagian dari masyarakat Melayu.

Salah satu peninggalan sejarah tersebut adalah senjata tradisional Riau yang merupakan senjata tradisional yang khas dan perlu dilestarikan. Kali ini kami akan membahas mengenai senjata tradisional tersebut. Silahkan  menyimak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Nama Senjata Tradisional Riau

Senjata tradisional ini pada jaman dahulu dipakai untuk membantu keperluan sehari-hari dengan penggunaan dalam skala lebih luas, baik untuk kebutuhan hidup, pertahanan diri, sampai dengan kebutuhan untuk menunaikan ritual keagamaan dan adat.

Pada saat ini pada umumnya senjata tradisional Riau lebih banyak dipakai sebagai antik atau koleksi guna melestarikan budaya nenek moyang dan menjaga nilai-nilai sejarah serta makna filosofis yang terkandung di dalamnya agar tidak punah dan hilang ditelan masa.

Masyarakat Riau sebenarnya mempunyai aneka ragam senjata tradisional. Tetapi sebagian di antaranya telah punah sehingga hanya 5 yang tersisa dan menjadi senjata tradisional Riau yang masih bertahan dan tetap eksis hingga saat ini. Nama senjata tradisional Riau adalah: Pedang Jenawi, Keris, Beladau, kelewang, dan Badik Tumbuk Lada. Berikut pembahasan lengkapnya:

Pedang Jenawi Riau

Senjata tradisional Riau yang paling terkenal bernama Pedang Jenawi.  tersebut merupakan senjata yang pada jaman dahulu sering dipakai oleh para panglima perang kerajaan Melayu saat berperang. Ukurannya yang cukup panjang, yaitu sekitar 1 meter membuat pedang ini sering dipakai untuk perang tanding jarak jauh.

Gambar Pedang Jenawi Senjata Tradisional Riau
Pedang Jenawi Senjata Tradisional Provinsi Riau

Pedang Jenawi bentuknya mirip samurai khas Jepang. Oleh sebab itu, diantara ahli sejarah dan budayawan berpendapat bahwa senjata tersebut berasal dari budaya Jepang kuno yang berakulturasi dengan budaya Melayu. Pada saat ini pedang Jenawi sudah dianggap sebagai identitas masyarakat melayu Riau di tingkat nasional.

Keris Riau

Bila Anda sebelumnya sering menganggap bahwa keris hanya ada di Jawa, maka sebaiknya Anda coba menjelajahi dan berkeliling ke daerah Sumatera atau negeri Jiran Malaysia. Pasalnya, dalam budaya masyarakat daerah tersebut Anda juga akan menemukan keris sebagai warisan dari leluhur mereka.

Gambar Keris Senjata Tradisional Riau
Keris Senjata Tradisional Provinsi Riau

Oleh karenanya, dalam hal ini keris juga dapat ditemukan dalam budaya masyarakat Riau. Kendati demikian, keris Riau memiliki keunikan, yaitu jumlah luk (lekukan) yang sedikit serta ukiran pada gagang dan sarungnya yang lebih banyak bermotif flora.

Beladau Riau

Beladau adalah senjata tradisional Riau berupa pisau belati yang tajam di satu sisi. Perbedaan Beladau dengan pisau belati pada umumnya adalah Beladau cenderung mempunyai lengkungan di pangkal pegangannya, sehingga gagangnya lebih mudah dipegang dan didorong saat dipakai.

Gambar Beladau Senjata Tradisional Riau
Beladau Senjata Tradisional Provinsi Riau

Senjata tradisional Riau ini panjangnya hanya 24 cm, sehingga sering dipakai sebagai sarana perlindungan diri dari serangan jarak dekat.

Kelewang Riau

Kelewang adalah senjata tradisional Riu sejenis golok dengan ujung bilah yang membesar. Pada jaman dahulu, kelewang dipakai oleh para prajurit kerajaan dalam peperangan. Tetapi, pada saat ini lebih sering dipakai para petani untuk membantu kegiatannya di sawah atau di ladang sebagai alat pertanian.

Gambar kelewang senjata tradisional riau
Kelewang senjata tradisional Provinsi Riau

Karena fungsi yang praktis tersebut, kelewang hingga saat ini masih tetap lestari dibandingkan jenis senjata tradisional Riau yang lain.

Badik Tumbuk Lada Riau

Senjata tradisional tini sebenarnya lebih dikenal sebagai senjata tradisional Jambi. Walau demikian, tidak berarti masyarakat Riau tidak mengenal senjata ini. Letak geografis kedua provinsi tersebut membuat budaya mereka tidak jauh berbeda sehingga wajar saja bila Badik Tumbuk Lada juga sebagai salah satu jenis senjata tradisional Riau.

Gambar Badik Tumbuk Lada senjata tradisional Riau
Badik Tumbuk Lada senjata tradisional Provinsi Riau

Riau juga memiliki pakaian adat, selengkapnya baca: 4 Macam Pakaian Adat Riau

Untuk mengetahui letak wilayah Riau silahkan kunjungi: Peta Riau

Demikian pembahasan mengenai senjata tradisional Riau, semoga memotivasi kita untuk melestarikan budaya nusantara khususnya senjata tradisional.