Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tempat Wisata Terindah Di Kepulauan Riau

Tempat wisata di Kepulauan Riau khususnya Bintan didominasi oleh wisata bahari, seperti pulau, pantai, dan juga alam bawah lautnya. Wisata sejarah atau budayapun juga sangat banyak ditemui di Kepulauan Riau, salah satunya di Pulau Penyengat sebagai tempat lahirnya Bahasa Indonesia.

Obyek wisata di Kepulauan Riau menjadi salah satu tujuan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena Kepulauan Riau menjadi gerbang wisata dunia setelah Bali. Jadi tidak mengherankan bila cukup banyak wisatawan asing yang berkunjung tiap tahunnya. Apalagi dengan beragamnya jenis obyek wisata yang dimiliki Provinsi Kepulauan Riau.

Hampir kira-kira 1,5 juta hingga 2 juta wisatawan asing berkunjung di Kepulauan Riau ini tiap tahunnya . Sebagaimana halnya wisata bahari atau kepulauan yang memiliki gugusan pantai yang cantik menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang. Belum lagi dengan banyaknya cagar budaya atau wisata budaya dan sejarah yang juga menjadi pilihan lain yang dimiliki Kepulauan Riau.

Diantara tempat wisata Favorit di Kepulauan Riau yang menjadi andalan adalah di Kabupaten Bintan. Bintan juga merupakan pulau terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bintan cukup menarik perhatian wisatawan. Salah satunya adalah wisata baharinya yang sangat terkenal hingga ke mancanegara, yaitu Pantai Lagoi.

10 Tempat wisata terindah di Kepulaun Riau antara lain : Air Adventures Flying Club Bintan, Air Terjun Gunung Bintan, Air Terjun Gunung Lengkuas, Aroma River Spa, Bintan Mangrove, Bukit Kerang, Bukit Pasir, Danau Biru, Pantai Lagoi dan Pulau Beralas Pasir. Berikut gambaran suasana tempat wisata tersebut secara global.

1. Air Adventures Flying Club Bintan

Salah satu tempat wisata andalan di Kepulauan Riau adalah Air Adventures Flying Club Bintan. Anda bisa menikmati keindahan alam yang dimiliki kabupaten Bintan ini dari ketinggian.

Gambar Air Adventures Flying Club Bintan Di Kepulauan Riau
Air Adventures Flying Club Bintan Di Provinsi Kepulauan Riau

Di sini tersedia pesawat amfibi terbuka yang siap mengantarkan Anda berkeliling di atas langit Kabupaten Bintan. Lokasi wisata Air Adventures Flying Club Bintan ini berada di Teluk Sebong, tepatnya di Sebong Lagoi.

2. Air Terjun Gunung Bintan

Lokasi Air Terjun Gunung Bintan ini berada tepat di bawah kaki Gunung Bintan. Meskipun obyek wisata ini sudah tertata dan terawat dengan rapi, namun tetap memiliki keindahan yang masih alami. Ornamen batu hitam yang ada di air terjun semakin menambah pesona Air Terjun Gunung Bintan ini.

Gambar Air Terjun Gunung Bintan Di Kepulauan Riau
Air Terjun Gunung Bintan Di Provinsi Kepulauan Riau

Tidak mengherankan jika air terjun ini menjadi tempat wisata yang cukup favorit di Kepulauan Riau, khususnya bagi wisatawan domestik. Lokasi wisata Air Terjun Gunung Bintan ini berada di kecamatan Teluk Bintan, tepatnya di Desa Bintan Buyu.

3. Air Terjun Gunung Lengkuas

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di kecamatan Bintan Timur. Panorama kelurahan Gunung Lengkuas sangat eksotis dengan bebatuannya berwarna hitam pekat yang berbentuk seperti anak tangga  dengan tinggi sekitar 5 meter.

Gambar Air Terjun Gunung Lengkuas Di Kepulauan Riau


Dengan aliran airnya yang tidak begitu deras akan semakin membuat nyaman wisatawan berada tepat di bawah pancuran air terjun tersebut.Dan yang lebih mengasyikkan lagi adalah di dekat Air Terjun Gunung Lengkuas ini ada kolam cukup lebar yang disediakan khusus untuk wisatawan yang ingin merasakan segarnya air pegunungan.

4. Aroma River Spa

Lagi-lagi Kepulauan Riau menyajikan destinasi wisata yang unik, misalnya Aroma River Spa. Tidak hanya sekedar spa biasa saja, tapi Aroma River Spa ini benar-benar memberikan pemandangan yang luar biasa. Dengan lokasinya yang berada di tengah hutan bakau dan terapung di atas sungai membuat Aroma River Spa ini tidak hanya sebagai spa saja tapi juga menjadi tujuan wisata.

Gambar Aroma River Spa Di Kepulauan Riau
Aroma River Spa Di Provinsi Kepulauan Riau
Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang berbeda, setelah wisatawan menikmati keindahan sungai dan hutan bakau biasanya dilanjutkan dengan perawatan atau relaksasi. Lokasi wisata Aroma River Spa berada di Telok Dalam, tepatnya di Jalan Trikora Km. 5.5 Bintan.

5. Bintan Mangrove

Bintan Mangrove adalah destinasi wisata yang cukup favorit bagi wisatawan. Hutan Mangrove ini tergolong cukup lebat dan ketika Anda masuk akan disuguhi eksotisme hutan Mangrove yang sangat hijau.

Gambar Bintan Mangrove Di Kepulauan Riau
Bintan Mangrove Di Provinsi Kepulauan Riau

Anda juga bisa menikmati keindahan Bintan Mangrove dengan menyusuri sungai yang ada di tengah hutan dengan perahu. Dan terkadang Anda juga bisa melihat burung-burung yang bersarang di dalam Bintan Mangrove. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Kawasan Kampung Lagoi dan juga di Desa Sebong Lagoi.

6. Bukit Kerang

Salah satu wisata sejarah yang juga menjadi andalan Kabupaten Bintan adalah Bukit Kerang. Bukit Kerang ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dan hampir semuanya berisi cangkang kerang yang sudah mengeras atau membatu. Berdasarkan penelitian, adanya Bukit Kerang ini dikarenakan aktifitas manusia prasejarah yang mengkonsumsi makanan seperti kerang laut.

Gambar Bukit Kerang Di Kepulauan Riau
Bukit Kerang Di Provinsi Kepulauan Riau

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini telah menjadi cagar budaya karena di Indonesia hanya ada sedikit bukti peninggalan zaman manusia prasejarah. Lokasi wisata Bukit Kerang berada di Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya.

7. Bukit Pasir

Inilah tempat wisata di Kepulauan Riau yang lagi hits, tepatnya berada di Desa Busung atau jalan pintas Tanjung Pinan – Bintan. Bukit pasir ini dahulunya bekas pertambangan pasir yang sudah tidak beroperasi lagi dan sekarang menjadi destinasi wisata yang sangat unik yang ada di Kabupaten Bintan.

Bukit Pasir Di Kepulauan Riau
Bukit Pasir Di Provinsi Kepulauan Riau

Bukit Pasir ini memang sangat nyaman bagi penggemar selfie dan tentu saja sangat instagramable. Kontur perbukitan pasir yang sangat eksotis dengan warna putih pasirnya menjadi spot yang keren untuk berselfie ria.

8. Danau Biru

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini benar-benar sangat memukau dengan warna airnya yang biru menjadikannya terlihat sangat cantik. Selfieable, dan sudah pasti instagramable banget, itulah Danau Biru.

Gambar Danau Biru Di Kepulauan Riau
Danau Biru Di Provinsi Kepulauan Riau

Danau Biru ini awalnya bekas tambang pasir dan bahkan hingga kini masih ada penambangan pasir di danau ini. tetapi wisatawan tetap saja berdatangan karena pesona Danau Biru menjadi spot terbaik untuk selfie. Obyek wisata Danau Biru ini berada di Desa Gunung Kijang.

9. Pantai Lagoi

Siapapun yang datang ke Pantai Lagoi akan berdecak kagum terpesona melihat keindahan Pantai Lagoi. Inilah pantai andalan yang menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit. Pantainya yang sangat bersih, pasir putihnya yang luas serta gradasi warna air lautnya yang biru semakin membuat betah wisatawan.

Gambar Pantai Lagoi Di Kepulauan Riau
Pantai Lagoi Di Provinsi Kepulauan Riau

Pantai Lagoi ini juga bisa dibilang sebagai obyek wisata yang mewah, karena di pantai ini banyak berjajar resort-resort yang cukup mewah. Lokasi Pantai Lagoi berada di Kecamatan Bintan Utara.

10. Pulau Beralas Pasir

Banyak yang menyebut tempat wisata ini dengan nama White Sand Island, karena hampir keseluruhan Pulau Beralas Pasir ini didominasi oleh pasir berwarna putih. Sudah bisa dipastikan tempat wisata di Kepulauan Riau ini benar-benar eksotis karena pasirnya yang putih bersih.

Gambar Pulau Beralas Pasir Di Kepulauan Riau
Pulau Beralas Pasir Di Provinsi Kepulauan Riau

Tidak hanya itu saja, keindahan bawah laut yang ada di pulau ini akan membuat Anda terpukau, berbagai jenis ikan dan terumbu karang akan membuat mata wisatawan berbinar karena keindahannya. Lokasi Pulau Beralas Pasir ini masuk di wilayah Teluk Bakau, dan hanya sekitar 20 hingga 30 menit menggunakan perahu motor dari pelabuhan Teluk Bakau.

Demikian ulasan tentang 10 Tempat Wisata Terindah Di Kepulauan Riau yang bisa Anda jadikan referensi berwisata. Selain kesepuluh tempat tersebut sebenarnya masih banyak potensi tempat wisata di Kepulauan Riau yang lainnya.

Untuk mengenal letak geografis provinsi Kepulauan Riau dengan  detail beserta sumber daya di dalamnya, silakan menyimak Peta Kepulauan Riau.

Tentang kekayaan budaya Pakaian Adat Kepulauan Riau yang indah dan sarat makna filosofis, silakan membaca Pakaian Adat Kepulauan Riau.

Terimakasih atas kunjungan Anda.