Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Penduduk Negara Bhutan Tahun 1989

Sejarah Penduduk Negara Bhutan Tahun 1989 - Penduduk Bhutan tergolong sangat jarang. Dengan jumlah penduduk 1.538.000 jiwa dan luas wilayah 47.000 km2, dengan kepadatan penduduk hanya sekitar 33/km2. Sampai tahun 1990-an belum ada kota di negeri ini. Kini, ibu kota Thimpu hanya berpenduduk sekitar 300.000 jiwa. Lebih dari 85% penduduk tinggal di daerah pedesaan.

Penduduk Bhutan terdiri dari tiga kelompok etnis utama. Kelompok terbesar adalah orang Bhutia, keturunan pendatang dari Tibet, yang mencakup sekitar 63% dari seluruh penduduk. Kelompok terbesar kedua yaitu orang Gurung, keturunan pendatang dari Nepal, hampir mencakup 1/6 dari seluruh penduduk. Diantara kelompok-kelompok etnis lainnya, yang terbesar adalah orang Assam, yang mencakup sekitar 13% dari seluruh penduduk.

Gambar Rumah penduduk negara Bhutan

Sebagian besar penduduk menggunakan bahasa resmi Dzongka, yang berkerabat dengan bahasa Tibet. Yang lainnya masih menggunakan bahasa Nepal dan bahasa-bahasa suku sebagai bahasa sehari-hari.

Sekitar 70% penduduk terutama dari kalangan orang Bhutia, menganut agama Budha. Di samping umat Budha terdapat umat Hindu (25%) dan umat Islam (5%).

Pendidikan di negeri Bhutan ini belum cukup maju. Sistem pendidikan modern di luar biara masih dalam tahap pengembangan. Dari seluruh penduduk berusia 15 tahun ke atas, baru sekitar 18% yang bebas dari buta huruf. Sebagian besar mahasiswa Bhutan belajar di India atas bantuan India.

Silahkan baca lengkap profil Negara Bhutan di: Sejarah Negara Bhutan Tahun 1989
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com