Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fisiografi Negara Bhutan Tahun 1989

Fisiografi Negara Bhutan Tahun 1989Wilayah Bhutan penuh dengan pegunungan. Perbatasannya dengan Tibet bertepatan dengan Plato Tibet. Di perbatasan ini terdapat Gunung Kula Kangri (7.554m) dan beberapa puncak lain. Dari sini tanah Bhutan melandai ke arah selatan sejauh kurang lebih 130 km sampai ke dataran yang ada di sepanjang perbatasan dengan India.

Pegunungan yang memanjang dari utara ke selatan ini memotong-motong wilayah Bhutan atas tujuh lembah sungai utama, yang di dalamnya berkisar dari 900m hingga 3.000m.

Iklim dan suhu udaranya bervariasi menurut ketinggian daratan, mulai daerah yang sangat dingin di perbatasan utara hingga daerah yang panas dan lembab di selatan. Curah hujan mencapai lebih dari 4.000mm di Bhutan tengah, tetapi kurang dari 1.000mm di berbagai kawasan di utara.


Gambar hutan di Negara Bhutan

Hujan hampir seluruhnya turun antara pertengahan Juni dan September. Kawasan yang berketinggian 4.600m atau lebih diliputi oleh salju.

Dataran yang ada di perbatasan dengan India tertutup oleh hutan hujan tropis. Hutan subtropis di perbukitan selatan berganti dengan hutan campuran pada ketinggian 900m, yang akhirnya juga digantikan oleh rumput-rumputan alpen, semak-semak, dan tanaman herba pada ketinggian 3600m.

Hutannya yang sangat luas (hampir 70% tanah negeri ini tertutup hutan) dihuni oleh berbagai jenis binatang seperti gajah, badak, harimau, macan tutul, dan beruang.

Silahkan baca lengkap profil Negara Bhutan di: Sejarah Negara Bhutan Tahun 1989
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com

Post a Comment for "Fisiografi Negara Bhutan Tahun 1989"