Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Padang Lengkap 11 Kecamatan

Letak Geografis Padang

Peta Padang Lengkap 11 Kecamatan - Kota Padang merupakan kota terbesar Provinsi Sumatera Barat, dan kota tersebut sekaligus sebagai ibu kota provinsi, Indonesia. Kota Padang sebagai pintu gerbang Indonesia bagian barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Luas wilayah Padang kurang lebih 694,96 km², sebelah barat berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia dan dikelilingi perbukitan yang ketinggiannya mencapai 1.853 mdpl. Pada tahun 2014, jumlah penduduk mencapai 1.000.096 jiwa.

Sejarah Singkat Padang

Menurut sejarah, Kota Padang berawal dari sebuah perkampungan nelayan di muara Batang Arau dan kemudian berkembang menjadi sebuah bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya kolonial Belanda di bawah naungan VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie).

Hari jadi kota Padang adalah 7 Agustus 1669. Pada hari tersebut terjadi pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan VOC. Pada masa penjajahan Belanda, Padang menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah.

Setelah memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur. Kota Padang memiliki sebuah Bandar Udara Internasional Minangkabau, dan jalur kereta api yang terhubung dengan kota-kota lain di Sumatera Barat (Sumbar).

Peta Padang

Peta Padang merupakan bagian dari Peta Sumatera Barat yang lebih besar, karena merupakan sebuah provinsi. Adapun bagaimana petanya, berikut kami lampirkan peta Padang lengkap dengan peta jalan.

Gambar Peta Padang Lengkap peta jalan
Gambar Peta Padang Lengkap peta jalan

Pembagian Wilayah administratif

Kota Padang terbagi atas 11 kecamatan yang terbagi atas 104 kelurahan. Kecamatan terluas adalah Koto Tangah, sedangkan Kecamatan wilayah terkecil adalah Padang Barat. Adapun nama-nama kecamatan yang masuk dalam wilayah Padang adalah sebagai berikut:
  1. Kecamatan Bungus Teluk Kabung
  2. Kecamatan Koto Tangah
  3. Kecamatan Kuranji
  4. Kecamatan Lubuk Begalung
  5. Kecamatan Lubuk Kilangan
  6. Kecamatan Nanggalo
  7. Kecamatan Padang Barat
  8. Kecamatan Padang Selatan
  9. Kecamatan Padang Timur
  10. Kecamatan Padang Utara
  11. Kecamatan Pauh
Demikian Peta Padang Lengkap 11 Kecamatan, semoga informasi ini menambah bermanfaat.