Lompat ke konten

Peta Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara di Asia Tenggara, yang terletak di antara Samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia memiliki populasi lebih dari 255 juta jiwa, menjadikannya negara terpadat keempat di dunia. Bahasa resminya adalah bahasa Indonesia, sebuah bahasa Melayu. Semboyan nasionalnya adalah Bhinneka Tunggal Ika. Suku Jawa adalah kelompok etnis terbesar di Indonesia. Hewan ikonik nasional adalah komodo.

Peta Indonesia di bawah ini meliputi peta wilayah, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Baca juga Peta Pembagian Waktu di Indonesia

Peta Wilayah

Indonesia adalah sebuah negara di Asia Tenggara, yang terletak di antara Samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia, dengan populasi lebih dari 255 juta orang. Indonesia memiliki beragam budaya, dan bahasa resminya adalah bahasa Indonesia (atau Bahasa Indonesia), yang juga digunakan oleh banyak kelompok etnis asli lainnya di seluruh negeri.

Peta Indonesia

Daftar peta 34 Provinsi di Indonesia

  1. Nanggroe Aceh Darussalam
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat,
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Bengkulu
  9. Lampung
  10. Bangka Belitung
  11. DKI Jakarta
  12. Jawa Barat
  13. Banten
  14. Jawa Tengah
  15. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
  16. Jawa Timur
  17. Bali
  18. Nusa Tenggara Barat (NTB)
  19. Nusa Tenggara Timur (NTT)
  20. Kalimantan Barat
  21. Kalimantan Tengah
  22. Kalimantan Selatan
  23. Kalimantan Timur
  24. Kalimantan Utara
  25. Sulawesi Utara
  26. Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah
  28. Sulawesi Selatan
  29. Sulawesi Barat
  30. Sulawesi Tenggara
  31. Maluku
  32. Maluku utara
  33. Papua
  34. Papua Barat

Negara yang berbatasan dengan Indonesia: Timor Leste, Malaysia, Papua Nugini

Peta Regional: Peta Asia, Peta Dunia

Peta Politik

Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia, dengan lebih dari 255 juta orang menyebutnya sebagai rumah. Indonesia memiliki populasi yang sangat beragam dan terdiri dari ratusan kelompok etnis yang berbeda, termasuk Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali dan Batak.

Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia (dengan lebih dari 17 ribu pulau), yang mencakup area yang lebih luas dari gabungan seluruh Eropa!

Peta Politik negara Indonesia

Peta Letak

Indonesia terletak di Asia Tenggara dan berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Papua Nugini, Timor Leste.

Peta letak negara Indonesia

Bagan Peta

image: Bagan Peta Indonesia

Peta Buta Indonesia

Peta buta Indonesia dapat anda gunakan untuk mempelajari di mana letak masing-masing provinsi. Masing-masing provinsi dibatasi dengan garis-garis tak beraturan sesuai batas wilayah provinsi tersebut.

image: Peta Buta Indonesia

Peta printable Indonesia

Peta printable Indonesia

Peta Terkait:Peta Indonesia 2017, Peta Indonesia 2015

Template PPT Indonesia

Untuk melengkapi artikel Peta Indonesia, bersama ini kami lampirkan template powerpoint Indonesia sederhana. Jika anda berminat silahkan unduh secara gratis di bawah ini.

DOWNLOAD

Peta Indonesia versi Google Earth

Peta Indonesia versi Google Earth

Yang perlu diketahui

Seperti yang Anda lihat, Indonesia adalah negara yang sangat menarik. Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang Indonesia. Berikut hal-hal yang patut anda ketahui sebagai referensi.

Kota Penting Indonesia

Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Bogor, Cirebon, Denpasar, Dumai, Garut, Jakarta, Jambi, Jayapura, Kebumen, Kediri, Kendawangan, Kupang, Langsa, Lhokseumawe, Lunjuk-Besar, Makassar, Malang, Manado, Manokwari, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Palu, Pati, Pekalongan, Pontianak, Probolinggo, Rantauprapa, Rengal, Samarinda, Semarang, Singkawang, Sintang, Sorong, Sukabumi, Surabaya, Tandjungredeb, Tanjung Selor, Tegal, dan Yogyakarta.

Nama Pulau di Indonesia

Bali, Kalimantan, Buru, Nusa Tenggara Timur, Jawa, Lombok, Maluku, Nugini, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi, Sumatra, Sumba, Sumbawa, Timor, Trangan, dan Nusa Tenggara Barat.

Lokasi Strategis Indonesia

Laut Andaman, Laut Arafura, Laut Bali, Laut Banda, Laut Celebes, Laut Seram, Danau Danau Poso, Danau Ranau, Danau Tempe, Danau Toba, Danau Towuti, Laut Flores, Samudra Hindia, Laut Jawa, Selat Makassar, Maluku Laut, Laut Filipina, Laut Sawu, Laut Cina Selatan, Selat Malaka, Laut Sulu dan Laut Timor.

Sumber Daya Alam Indonesia

Indonesia memiliki sejumlah sumber daya logam yang meliputi bauksit, timah, nikel, tembaga, perak dan emas. Minyak bumi, batu bara, dan gas alam adalah beberapa sumber bahan bakar penting bagi negara. Sumber daya lainnya adalah kayu dan tanah subur.

Bencana Alam Indonesia

Indonesia memiliki berbagai bahaya alam misalnya: aktivitas gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, kebakaran hutan, kekeringan di tempat tertentu.

Masalah Lingkungan Indonesia

Indonesia sering dilanda asap dan kabut dari kebakaran hutan, dan polusi udara di daerah perkotaan. Masalah lingkungan lainnya adalah deforestasi. Negara ini juga memiliki polusi air dari limbah dan limbah industri.

Bahasa resmi

Bahasa resmi Indonesia adalah bahasa Indonesia, bahasa Melayu. Bahasa Indonesia adalah bahasa utama yang digunakan di Indonesia dan Brunei dan juga digunakan oleh orang Malaysia.

Bahasa Indonesia adalah bahasa Austronesia yang telah dipengaruhi oleh bahasa Sansekerta dan bahasa lain seperti Jawa, Tamil, Arab dan Persia.

Semboyan nasional

Semboyan nasional Indonesia adalah “Bhinneka Tunggal Ika” (“Bhinneka Tunggal Ika”). Ini adalah frasa dalam bahasa Jawa yang berarti “banyak, namun satu”. Semboyan ini juga telah dimasukkan ke dalam lambang negara.

Kelompok etnis terbesar

Orang Jawa adalah kelompok etnis terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 74 juta orang yang mencakup sekitar 40% dari populasi negara ini. Mereka memiliki warisan budaya yang kaya dan dikenal karena kecintaan mereka terhadap sastra dan musik, terutama musik gamelan.

Suku Sunda adalah kelompok etnis yang tinggal di Jawa Barat, yang merupakan provinsi terpadat di Indonesia dengan lebih dari 46 juta orang.

Hewan ikonik nasional

Komodo adalah spesies kadal besar yang ditemukan di pulau Komodo, Rinca dan Padar. Komodo adalah spesies kadal terbesar yang masih hidup, tumbuh hingga panjang maksimum tiga meter (10 kaki) dalam kasus yang jarang terjadi dan beratnya mencapai 70 kilogram. Ukuran Komodo yang besar membuatnya menjadi prioritas utama untuk dilindungi oleh para konservasionis.

Deskripsi pertama yang tercatat tentang komodo dibuat pada tahun 1910 oleh Walter Auffenberg, yang mengunjungi Pulau Rinca di mana ia menemukan dua kadal besar sedang melahap bangkai rusa. Dia tidak dapat mendekati mereka karena sifatnya yang ganas, tetapi mencatat bahwa mereka ‘terkenal’ dalam penampilannya dan menganggap mereka luar biasa karena mereka tidak memiliki predator alami selain manusia.

Kesimpulan

Ada banyak fakta menarik tentang Indonesia. Negara ini adalah negara terpadat keempat di dunia, dengan lebih dari 240 juta orang tinggal di sana. Indonesia juga merupakan negara yang sangat beragam dengan lebih dari 300 kelompok etnis dan 736 bahasa yang digunakan di seluruh pulaunya. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi negara kepulauan yang eksotis ini, Anda harus mengunjungi Bali di mana Anda dapat menikmati pantai, gunung berapi, dan pura yang menakjubkan.