PetaPeta Negara

Di mana letak Belize?

Letak Belize adalah di Amerika Tengah di pantai Karibia. Belize berbatasan dengan Meksiko di utara dan dengan Guatemala di barat dan selatan. Anehnya, di Laut Karibia, karang penghalang terpanjang kedua di dunia mengapit sebagian besar dari 386 kilometer. Secara alami menampung beberapa laguna. Silahkan lihat peta dunia

Belize memiliki iklim tropis dengan karakteristik musim hujan dan musim kemarau. Namun, suhu bervariasi sesuai dengan ketinggian. Selanjutnya, efek moderat dari angin perdagangan timur laut lepas Karibia, dan kedekatan dengan pantai Karibia memandu cuaca Belize.

Related Articles

Di negara kecil ini, sejumlah mineral penting secara ekonomi ditemukan antara lain dolomit, barit (sumber barium), kasiterit (sumber timah), bauksit (sumber aluminium), dan emas. Namun, mungkin batu kapur adalah satu-satunya sumber daya mineral yang dieksploitasi sampai tahun 1990 baik untuk tujuan domestik atau bahkan untuk tujuan ekspor. Demikian juga, perekonomian negara sangat bergantung pada pertanian, industri berbasis agro, perdagangan, dan pariwisata.

Belize memiliki berbagai masyarakat yang berbeda. Fakta menarik lainnya adalah – Belize adalah satu-satunya negara di wilayahnya yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris. Kriol dan Spanyol juga digunakan di antara penduduk asli. Jenis pemerintahan Belize adalah demokrasi parlementer, di wilayah Persemakmuran. Itulah sebabnya struktur pemerintahan didasarkan pada sistem parlementer Inggris.

Selain itu, kombinasi fitur alam termasuk iklim, Belize Barrier Reef, lebih dari 1.000 Cayes lepas pantai, perairan yang aman untuk berperahu, scuba diving, dan snorkeling, negara ini adalah salah satu tempat terbaik untuk tujuan wisata. Selain itu, arung jeram dan kayak bersama dengan berbagai hutan dan suaka margasatwa fauna dan flora, dan, mengamati burung sama-sama mempromosikan pariwisata Belize.

Fakta Singkat

NegaraBelize
BenuaAmerika Utara
Dimana lokasinyaBelize terletak di Amerika Tengah
Koordinat17°15’N88°46’W
Ibu KotaBelmopan
Kota terbesarKota Belize
Negara tetangga Guatemala, Meksiko
Divisi administrasi6 distrik
Daerah8.867 mil persegi
Populasi324.060 (2012)
Bahasa resmiBahasa inggris
Mata uangDolar Belize (BZD)
Kode ISO Alpha-2BZ
Kode ISO Alpha-3BLZ
Kode Numerik ISO84
PDB1,448 miliar USD (2011)
Kode panggilan501
Zona waktuCST (UTC-6)
TLD Internet.BZ

Lokasi dan Geografi

peta letak Belize

Belize terletak di pantai timur Amerika Tengah. Hal ini dibatasi oleh Laut Karibia di timur, Meksiko di utara dan barat laut dan Guatemala di barat dan barat daya. Garis pantai dibatasi oleh pulau karang serta terumbu penghalang terpanjang kedua di dunia sementara dataran pantainya datar dan berawa, meskipun dataran pedalaman naik secara bertahap di bawah puncak Pegunungan Maya.

Negara ini lebih subur di pedalaman dan juga memiliki Savannah, pinus dan hutan tropis. Belize dikeringkan oleh tujuh belas sungai dengan Sungai Belize membelah negara dari barat ke timur. Kota Besar (pop. est); Kota Belize 48.000, Orange Walk 12.000, San Ignacio/Santa Elena 10.000, Corozal 8.000, Belmopan 4.000 (1993). Penggunaan lahan; berhutan 92%, padang rumput 2%, pertanian-dibudidayakan 3%, lainnya 3% (1993).

peta Belize

Iklim

Belize memiliki iklim subtropis yang panas dan lembab secara merata, meskipun dipengaruhi oleh angin pasat. Musim kemarau berlangsung dari bulan Februari sampai Maret dengan musim singkat lainnya selama bulan Agustus, sedangkan musim angin topan yang sering menyebabkan kerusakan parah adalah dari bulan Juli sampai Oktober.

Curah hujan tahunan rata-rata bervariasi dari 1.270 mm (50 inci) di utara hingga lebih dari 3.810 mm (100 inci) di selatan. Rentang suhu rata-rata di Belize City adalah dari 19 hingga 27 derajat Celcius (66 hingga 81 derajat Fahrenheit) pada bulan Januari hingga 24 hingga 31 derajat Celcius (75 hingga 88 derajat Fahrenheit) pada bulan Agustus.

Penduduk

Belize jarang penduduknya dengan 50% populasi tinggal di enam wilayah perkotaan utama sementara sekitar 23% tinggal di bekas ibu kota Belize City. Populasi adalah keturunan ras campuran dengan Kreol yang didominasi oleh orang Afrika Hitam terhitung sekitar 40% dari populasi sementara Mestizos yang merupakan keturunan campuran Eropa dan AmerIndia berjumlah 33%. 20% populasi lainnya terdiri dari kelompok etnis Arab, Maya, dan AmerIndian lainnya. Sisanya termasuk orang Eropa, Spanyol, India Timur, Lebanon, dan Cina.

Statistik Demografi

Kepadatan; 8 orang per km persegi (22 orang per sq mi) (1991). Perkotaan-Pedesaan; 51,6% perkotaan, 48,4% pedesaan (1990). Distribusi Jenis Kelamin; 50,7% laki-laki, 49,3% perempuan (1987). Kemungkinan hidup saat lahir; 67,0 tahun laki-laki, 72,0 tahun perempuan (1989). Rincian Usia; 45% di bawah 15, 28% 15 hingga 29, 12% 30 hingga 44, 8% 45 hingga 59, 5% 60 hingga 74, 2% 75 ke atas (1987). Angka kelahiran; 36,0 per 1.000 (1989). Angka kematian; 6,0 per 1.000 (1989). Tingkatkan Tingkat; 30,0 per 1.000 (1989). Angka Kematian Bayi; 36,0 per 1.000 kelahiran hidup (1989).

Agama

Sebagian besar Kristen dengan sekitar 60% dari populasi Katolik Roma sedangkan 40% sisanya adalah dari Gereja Anglikan atau Protestan lainnya.

Bahasa

Bahasa resmi adalah bahasa Inggris yang dituturkan oleh hampir seluruh penduduk. Bahasa Spanyol adalah bahasa ibu dari hampir 40% populasi dan dituturkan oleh 20% populasi sebagai bahasa kedua sementara suku Indian Amer masih berbicara bahasa asli asli mereka.

Pendidikan

Berusia 25 atau lebih dan telah mencapai: tidak sekolah formal 10,7%, SD 75,3%, sekunder 11,7%, lebih tinggi 2,3% (1980). melek huruf; populasi melek huruf berusia 15 atau lebih dari 99.000 atau 93,0% (1991).

Sejarah Belize

Dari tahun 1954 hingga 1960 terjadi peningkatan jumlah anggota dewan legislatif yang terpilih. Pada tahun 1960 pemimpin partai mayoritas diizinkan menjadi Menteri pertama negara itu. Konstitusi menegaskan kesetiaan rakyat Belize kepada Kerajaan Inggris dan keinginan mereka untuk maju menuju pemerintahan sendiri di dalam Persemakmuran.

Pada tahun 1962 Guatemala mendesak klaimnya untuk mencaplok Belize, namun, ini tidak didukung oleh rakyat Belize. Guatemala merekomendasikan langkah-langkah untuk mendorong kerjasama ekonomi antara Belize dan Guatemala, meskipun Guatemala memutuskan hubungan diplomatik dengan Inggris untuk memprotes pemberian otonomi lebih lanjut ke Belize pada tahun 1963.

Pada tahun 1964 Dewan Eksekutif yang dikendalikan Inggris digantikan oleh kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri dan Belize menjadi mandiri secara internal.

Pada 1 Juni, 1978 nama negara secara resmi diubah dari British Honduras ke Belize. Kemajuan lebih lanjut menuju kemerdekaan tertunda oleh ketakutan bahwa Guatemala akan menyerang Belize setelah Inggris menarik diri dari negara itu.

Pada tahun 1981 Inggris, Guatemala dan Belize mencapai kesepakatan, sementara rencana sedang dibuat menuju kemerdekaan. Pada 21 September 1981 Belize memperoleh kemerdekaan dalam Persemakmuran.

Pada tahun 1982 perpecahan dalam partai yang memerintah berkembang dengan George Price dituduh bersekutu terlalu dekat dengan pemerintah sayap kiri Kuba dan Nikaragua dan bukan Amerika Serikat.

Pada Desember 1984, Price kehilangan kursinya dan oposisi, di bawah Manuel Esquivel yang menjadi Perdana Menteri, terpilih. Pada bulan September 1989 pemilihan umum menghasilkan kembalinya George Price sebagai Perdana Menteri, yang telah berjanji untuk membalikkan partainya. kebijakan sebelumnya “Liberalisme Ekonomi Liar”.

Pada 7 Agustus 1991 Belize dan Meksiko membentuk komisi bersama untuk membantu mengendalikan perdagangan narkoba. Pada 5 September 1991 Guatemala mengakui Belize sebagai negara berdaulat dan secara damai meninggalkan klaim teritorialnya yang sudah berlangsung lama.

Pada 10 September kedua negara menjalin hubungan diplomatik dan pada Oktober 1991 Perdana Menteri Price mengunjungi Guatemala. Juga selama tahun 1991, Belize diterima di Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) sementara ekonomi juga diperkuat dengan pertumbuhan pariwisata dan produksi dengan ekspor gula dan pisang juga meningkat.

Pada Februari 1992 anggota Partai Persatuan Demokratik (UDP) yang diusir dan mengundurkan diri membentuk Aliansi Nasional untuk Hak Belize (NABR). Selama tahun 1992 pemerintah Belize mengizinkan 100 pengungsi Haiti untuk tinggal di daerah pemukiman kembali sementara ekonomi di sektor pariwisata, konstruksi, transportasi dan komunikasi juga tumbuh.

Pada Mei 1993, Inggris mengumumkan bahwa garnisun Inggris yang memiliki staf selama 45 tahun akan ditarik karena hubungan yang membaik antara Guatemala dan Belize. Pemilihan awal yang diadakan oleh PUP pada tanggal 30 Juni 1993 menghasilkan UDP terpilih dalam pemerintahan dengan Manuel Esquivel sebagai Perdana Menteri.

Setelah pengangkatan Esquivel sebagai Perdana Menteri, dia meminta pengunduran diri Gubernur Jenderal Dame Minita Gordon, sebuah langkah yang menyebabkan penolakan terhadap PUP. Inggris mengumumkan bahwa garnisun Inggris yang memiliki staf selama 45 tahun akan ditarik karena hubungan yang lebih baik antara Guatemala dan Belize.

Pemilihan awal yang diadakan oleh PUP pada tanggal 30 Juni 1993 menghasilkan UDP terpilih dalam pemerintahan dengan Manuel Esquivel sebagai Perdana Menteri. Setelah pengangkatan Esquivel sebagai Perdana Menteri, dia meminta pengunduran diri Gubernur Jenderal Dame Minita Gordon, sebuah langkah yang menyebabkan penolakan terhadap PUP.

Inggris mengumumkan bahwa garnisun Inggris yang memiliki staf selama 45 tahun akan ditarik karena hubungan yang lebih baik antara Guatemala dan Belize. Pemilihan awal yang diadakan oleh PUP untuk tanggal 30 Juni 1993 menghasilkan UDP terpilih menjadi pemerintah dengan Manuel Esquivel sebagai Perdana Menteri. Setelah pengangkatan Esquivel sebagai Perdana Menteri, dia meminta pengunduran diri Gubernur Jenderal Dame Minita Gordon, sebuah langkah yang menyebabkan penolakan terhadap PUP.

Mata uang

Mata uang resmi adalah Dolar (BZD) dibagi menjadi 100 Sen.

Ekonomi

Produk Nasional Bruto; USD $499.000.000 (1993). Utang Publik; USD $180.300.000 (1994). Impor; BZD $561.600.000 (1993). Ekspor; BZD $263.100.000 (1993). Resi Pariwisata; USD $73.000.000 (1993). Neraca perdagangan; BZD – $170.600.000 (1994). Penduduk yang Aktif Secara Ekonomi; 66.060 atau 33,1% dari total penduduk (1993). Penganggur; 30,8% (1994).

Mitra perdagangan

Mitra dagang utamanya adalah Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan negara-negara CACM (Central American Common Market) lainnya.

Produk utama

Pisang, Jeruk, Kelapa, Jagung, Ikan, Jagung, Beras, Tebu, Kayu.

Industri utama

Pertanian, Pembuatan Bir, Pakaian, Perikanan, Alas Kaki, Kehutanan, Pembotolan Minuman Ringan, Penyulingan Gula, Tekstil.

Ekspor utama

Pisang, Buah Jeruk, Pakaian, Produk Ikan, Tetes, Gula, Kayu.

Transportasi

Kereta Api; nol. Jalan; panjang 3.000 km (1.864 mi) (1985). Kendaraan; mobil 1.352 (1989), truk dan bus 2.328 (1989). Armada niaga; kapal 3 (1990), tonase bobot mati 305 (1990). Transportasi udara; T/A.

Komunikasi

Surat Kabar Harian; nihil, Surat Kabar Mingguan; 4 (1994). Radio; penerima 106.000 (1994). Televisi; penerima 27.048 (1994). Telepon; unit 28.600 (1993).

Militer

950 (1994) total personel tugas aktif dengan 94,7% tentara, 3,7% angkatan laut dan 1,6% angkatan udara sementara pengeluaran militer menyumbang 2,6% (1990) dari Produk Nasional Bruto (GNP).

Back to top button