Lompat ke konten

Berita Banjir Pulau Jawa Terparah 19 November 2022

  • oleh
  • News

 Cuaca di Jawa, Indonesia, pada hari Rabu berawan hingga berawan sebagian dengan hujan ringan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa ada hujan lebat hingga Selasa malam. Namun, kata dia, hujan masih bisa turun di beberapa daerah seperti di Banten dan Jakarta. Hujan diprediksi masih akan terus berlanjut dan akan bergerak ke arah Jawa Timur.”

Jakarta (ANTARA) – Cuaca di Jawa, Indonesia, pada Rabu berawan hingga berawan sebagian dengan hujan ringan.
Berita Banjir Pulau Jawa

Cuaca di Jawa, Indonesia, pada hari Rabu berawan hingga berawan sebagian dengan hujan ringan.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa cuaca akan berawan di sebagian besar Jawa dan Provinsi Banten. Ada juga awan di Jawa bagian Selatan, Lampung, dan Provinsi Sulawesi Barat, sementara di tempat lain diperkirakan akan berawan sebagian.

Angin bertiup dengan kecepatan 11-19 kilometer per jam di pesisir barat laut Pulau Jawa; 8-17 kilometer per jam di Jawa Tengah; 10-18 kilometer per jam di pesisir selatan Pulau Sumatra; 12-18 kilometer per jam di 14 lokasi di provinsi Sulawesi Tenggara; 13-20 kilometer per jam di tempat-tempat yang ditentukan di provinsi Kalimantan Tengah; 15-22 kilometer per jam di sepanjang pesisir timur dari Kepulauan Maluku ke wilayah Papua Nugini hingga Kota Palu di provinsi Sulawesi Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa terjadi hujan lebat hingga Selasa malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa terjadi hujan lebat hingga Selasa malam. Di beberapa tempat, curah hujan melebihi 120 mm hanya dalam 24 jam.

Curah hujan akan berlanjut hari ini dan akan bergerak menuju Jawa Timur. Warga Surabaya harus bersiap-siap untuk kemungkinan banjir di beberapa daerah.

“Hari ini (Rabu), cuaca hujan sudah mulai berkurang,” kata Hendry Satriyo, Kepala Pusat Data BMKG, di Jakarta, Rabu.

“Hari ini (Rabu), cuaca hujan sudah mulai berkurang,” kata Hendry Satriyo, Kepala Pusat Data BMKG, di Jakarta, Rabu.

“Curah hujan diprediksi masih akan berlanjut dan akan bergerak ke arah Jawa Timur.”

Curah hujan pagi ini menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti di Kota Tangerang, Kabupaten Parigi Moutong di Sulawesi Tengah, dan di Kota Semarang.

Namun, kata dia, hujan masih bisa turun di beberapa daerah seperti di Banten dan Jakarta. Hujan diprediksi masih akan terus berlanjut dan akan bergerak ke arah Jawa Timur.

Namun, kata dia, hujan masih bisa turun di beberapa wilayah seperti di Banten dan Jakarta. Hujan diprediksi masih akan terus berlanjut dan akan bergerak ke arah Jawa Timur.

Baca juga Peta Jawa Tengah

Curah hujan diperkirakan masih akan berlanjut hingga Kamis.

Curah hujan pagi ini menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti di Kota Tangerang, Kabupaten Parigi Moutong di Sulawesi Tengah, dan di Kota Semarang.

Hujan yang turun pagi ini menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti di Kota Tangerang, Kabupaten Parigi Moutong di Sulawesi Tengah, dan di Kota Semarang.

Di Kota Tangerang, Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Sudarman mengatakan bahwa hujan deras terjadi sekitar pukul 13.00 WIB kemarin siang dan terus berlanjut hingga dini hari tadi. Dia menambahkan bahwa beberapa daerah dilanda hujan hingga 70 mm dalam waktu satu jam sehingga mereka menghimbau masyarakat yang tinggal di dekat sungai untuk tetap waspada.

Seksi: Berdasarkan pantauan BMKG melalui data radar pada pukul 06.00 WIB, banjir terjadi di 11 titik lokasi yang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Benda dan Kecamatan Jatiuwung di Kota Tangerang; Kecamatan Kampung Baru di Kabupaten Pinrang; Kecamatan Tarumpita di Kota Parepare; dan Kabupaten Luwu Timur di Provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan pantauan BMKG melalui data radar pada pukul 06.00 WIB, banjir terjadi di 11 lokasi yang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Benda dan Kecamatan Jatiuwung di Kota Tangerang; Kecamatan Kampung Baru di Kabupaten Pinrang; Kecamatan Tarumpita di Kota Parepare; dan Kabupaten Luwu Timur di Provinsi Sulawesi Selatan.

Akibat curah hujan yang sangat deras ini, beberapa ruas jalan berikut ini ditutup demi alasan keamanan:

Jalan tol Sukabumi – Cisolok – Bogor (Nagrak)

Video Banjir parah di Sukoharjo, Jawa Tengah

Berikut video amatir yang merekam banjir di Sukoharjo, Jawa Tengah yang sangat parah:

Kesimpulan

Berdasarkan data monitoring BMKG per pukul 07.00 WIB, banjir terjadi di 33 lokasi yang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Benda dan Kecamatan Jatiuwung di Kota Tangerang; Kecamatan Kampung Baru di Kabupaten Pinrang; Kecamatan Tarumpita di Kota Parepare; dan Kabupaten Luwu Timur di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca juga Pembukaan Piala Dunia 2022