Lompat ke konten

Apa yang dimaksud dengan sejarah?

Sejarah adalah disiplin ilmu yang mempelajari peristiwa masa lalu dari sudut pandang wilayah dan periode waktu tertentu. Kata “sejarah” berasal dari bahasa Latin historia, yang secara harfiah berarti “pengetahuan tentang masa lalu.” Di Eropa pra-modern, sejarah adalah masalah catatan publik dan minat masyarakat umum; sejarawan memegang posisi di lembaga pemerintah.

Sejak saat itu, kesarjanaan Barat telah bergeser ke arah bidang yang lebih terspesialisasi dalam dunia akademis, seperti sejarah sosial dan sejarah ekonomi. Misalnya, sejarawan saat ini mempelajari perang dengan cara yang berbeda dari yang mereka lakukan 100 tahun yang lalu-sekarang perang dianggap sebagian besar sebagai politik daripada hanya pertempuran di peta; juga teknologi telah mengubah bagaimana perang diperjuangkan (misalnya, senjata nuklir).

Sekarang ada banyak bidang profesional dalam sejarah termasuk arkeologi, sejarah seni, dan linguistik sejarah; bidang-bidang ini cenderung tidak berfokus pada tokoh-tokoh sejarah melainkan pada lokasi atau topik tertentu dalam wilayah geografis yang lebih besar (misalnya, Yunani Kuno).

Baca juga Pengertian Sejarah menurut para ahli

Apa yang dimaksud dengan sejarah?

Dari Wikipedia

Wikipedia adalah sumber informasi yang bagus, tetapi tidak selalu akurat. Kadang-kadang artikelnya sudah ketinggalan zaman dan di lain waktu artikel tersebut salah. Artikel Wikipedia ditulis oleh sukarelawan yang mungkin tidak tahu segalanya tentang topik mereka ketika menulisnya. Seperti yang bisa Anda lihat dari membaca artikel tentang sejarah ini, beberapa bagian mungkin tidak akurat atau hilang sama sekali! Jadi, jangan terlalu serius dengan apa yang Anda baca di Wikipedia!

“Sejarah (dari bahasa Yunani ἱστορία, historia, yang berarti ‘penyelidikan; pengetahuan yang diperoleh dengan penyelidikan’)[2][3] adalah studi tentang masa lalu seperti yang dijelaskan dalam dokumen tertulis.”

Sejarah adalah studi tentang masa lalu. Masa lalu adalah apa yang telah terjadi di masa lalu. Ini adalah ingatan atau catatan peristiwa yang terjadi di masa lalu dan dapat digunakan untuk belajar tentang sejarah.

Kata sejarah berasal dari bahasa Yunani ἱστορία, historia, yang berarti “penyelidikan; pengetahuan yang diperoleh dengan penyelidikan”.[2][3] Secara lebih rinci, ini melibatkan berbagai metode pembelajaran tentang dunia dan tempat manusia di dalamnya; termasuk arkeologi, antropologi dan sains serta seni seperti sejarah seni

Sejarah dapat dibagi menjadi beberapa era berdasarkan perubahan teknologi dan masyarakat, seperti prasejarah (waktu sebelum tulisan), zaman kuno (sebelum Common Era), zaman pertengahan (sebelum Masehi) dan zaman modern (setelah 1500).

Sejarah adalah studi tentang masa lalu.

Sejarah adalah apa yang terjadi di masa lalu. Sejarah adalah bagaimana orang hidup dan mengapa mereka melakukannya, mengapa segala sesuatunya berubah dari waktu ke waktu, dan bagaimana masyarakat yang berbeda berevolusi melalui pengalaman mereka satu sama lain.

Baca juga Pengertian sejarah secara umum

Kesimpulan

Sejarah bisa menjadi cara yang bagus untuk belajar tentang masa lalu untuk memahami bagaimana hal itu memengaruhi masa kini dan masa depan kita. Sejarah juga penting bagi orang-orang yang ingin memahami bagaimana budaya mereka muncul dan mengapa segala sesuatunya seperti sekarang ini.