Peta konsep sejarah indonesia kelas 10 Bab I terlengkap

Peta konsep sejarah indonesia kelas 10 Bab I

Indonesia adalah negara dengan wilayah yang luas, kaya akan sumber daya dan keanekaragaman hayati. Indonesia juga dianggap sebagai ‘Kepulauan Besar’, terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seluruh perairan Samudera Pasifik. Kepulauan Indonesia membentang dari Asia hingga Australia dan Oseania, menjadikannya salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.

Sejarah Indonesia dapat dibagi menjadi lima periode besar: prasejarah (sebelum 500 Masehi), sejarah kuno (500-1524 Masehi), periode kolonial (1511-1942 Masehi), era modern (sejak 1945) dan sejarah kontemporer (sejak 1998).

Peta konsep sejarah Indonesia kelas 10 bab I

  • Para pedagang Cina dan India menetap di Nusantara dan membawa serta budaya mereka.
  • Rute perdagangan dibangun di antara berbagai kerajaan, yang sangat penting bagi penyebaran agama Hindu, Buddha dan Islam di seluruh wilayah.
  • Portugis menjajah sebagian wilayah Indonesia pada abad ke-16, tetapi mereka diusir oleh penjajah Belanda pada tahun 1619.

Gambar

Ini adalah peta konsep sejarah Indonesia. Anda dapat menggunakan peta konsep ini untuk mempelajari isi dari sejarah Indonesia. Peta konsep ini dibuat untuk siswa kelas 10 yang ingin belajar tentang sejarah Indonesia dan perkembangannya.

Informasi yang digunakan dalam peta konsep ini berasal dari buku dan sumber lainnya.

Menelusuri Peradaban Awal di Indonesia

Menelusuri Peradaban Awal di Indonesia

Konsep diakronik kronologi dalam sejarah

Konsep diakronik kronologi dalam sejarah

Perkembangan kerajaan islam di Indonesia

Perkembangan kerajaan islam di Indonesia

Kesimpulan

Peta konsep sejarah Indonesia untuk kelas 10 adalah bagian yang sangat penting dari kurikulum Indonesia. Ini adalah sesuatu yang harus diketahui siswa untuk lulus ujian dan melanjutkan ke tahun berikutnya. Peta ini menunjukkan segala sesuatu mulai dari berapa tahun yang lalu Indonesia dijajah oleh orang Eropa hingga sekarang ketika Indonesia menjadi negara bangsa yang merdeka. Peta ini juga mencakup peristiwa-peristiwa seperti Perang Dunia 2 yang sangat mempengaruhi negara kita selama periode waktu ini bersama dengan tanggal-tanggal penting lainnya seperti Hari Kemerdekaan (17 Agustus 1945).

Pos terkait