Apa tujuan Belanda mendirikan sekolah sekolah bagi Bumiputera

tujuan Belanda mendirikan sekolah sekolah bagi Bumiputera

Tujuan Belanda mendirikan sekolah-sekolah bagi bumiputra adalah hanya untuk mendidik tenaga kerja yang lebih cerdas dan pintar namun dengan biaya yang sangat murah.

Berikut ulasannya:

Dengan melihat keadaan penduduk Indonesia yang dijajah sekian ratus tahun lamanya, Belanda mengetahui bahwa mayoritas masyarakat masihlah bodoh pada saat itu. Karenanya, pemerintah memandang bahwa pendidikan menjadi salah satu bidang yang diutamakan kemajuannya.

Belanda adalah bangsa Eropa, sehingga sistem pendidikan yang diterapkan adalah sistem pendidikan gaya Barat.

Jika dilihat secara sekilas Belanda sangat baik, dengan mendirikan sekolah untuk mencerdaskan bangsa Indonesia, namun sebenarnya itu bukanlah tujuannya. Tujuan sebenarnya pemerintah Belanda menggelar sekolah kepada golongan bumiputera hanyalah untuk mendapatkan tenaga kerja terdidik dengan biaya yang murah.

Baca juga Bagaimana penulisan sejarah Indonesia pada masa awal kemerdekaan?

Ketika itu pemerintah Belanda berkeinginan agar generasi muda Indonesia yang telah mengenyam pendidikan dapat direkrut menjadi pegawai Belanda. Tidak itu saja, Belanda ingin menyebarkan pengaruh Barat kepada mereka, salah satunya adalah budaya.

Adapun sekolah-sekolah yang didirikan pemerintah Belanda saat itu antara lain:

  • Hollandsch Inlandsch School (HIS)
  • Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)
  • Algemeene Middelbare School (AMS)
  • STOVIA, dan
  • OSVIA

Sekarang dapat kita simpulkan, bahwa tujuan utama Belanda mendirikan banyak sekolahan di Indonesia saat itu adalah hanya untuk mendapatkan tenaga buruh yang cerdas, terdidik dengan biaya yang murah, sekaligus menyebarkan budaya barat kepada para siswa.

Pos terkait