Teks bertopik sejarah Kabupaten Bandung disebut Teks Eksplanasi

Mengapa teks bertopik sejarah kabupaten bandung disebut teks eksplanasi?

Karena dalam teks tersebut mengandung informasi berdasarkan fakta yang ada, yaitu fakta mengenai sejarah Kabupaten Bandung. Selain itu, topik tersebut mengangkat sebuah fenomena mengenai penyebab dan akibat yang ditimbulkan. Di samping itu, teks eksplanasi juga mempunyai pedoman kebahasaan dalam penulisannya.

Apa itu Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi yang juga dikenal teks ekspositori, digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana melakukan sesuatu. Tugas penulis dalam teks eksplanasi adalah menjelaskan topik tertentu dan membantu pembaca memahami informasi. Teks eksplanasi menyajikan fakta, bukan opini

Teks eksplanasi digunakan untuk menjelaskan cara kerja sesuatu atau cara melakukan sesuatu

Teks eksplanasi adalah jenis tulisan yang menjelaskan dan menginformasikan pembaca tentang suatu topik. Teks eksplanasi menjelaskan cara kerja sesuatu atau cara melakukan sesuatu. Informasi dalam teks eksplanasi disajikan dalam urutan yang jelas dan logis dengan ide utama terlebih dahulu dan detail pendukung mengikuti. Dalam teks eksplanasi, Anda akan menemukan fakta, bukan opini.

Contoh teks eksplanasi adalah:

Apa maksudnya ketika Anda mengatakan: “Saya akan memberikan beberapa tips tentang cara bermain catur”?

Baiklah saya akan menjelaskannya untuk Anda! Pertama-tama, mari kita lihat apa itu catur! Catur adalah permainan papan dua pemain yang berasal dari India sekitar tahun 600 Masehi (Common Era) dan menyebar ke seluruh Eropa pada tahun 1000 Masehi.

Catur dapat dimainkan oleh dua orang atau empat orang tergantung pada apakah mereka ingin bermain Catur960 atau Catur empat tangan masing-masing! Ada banyak bidak berbeda yang tersedia untuk digunakan selama permainan seperti pion, ksatria, benteng, ratu, raja, dan sebagainya!

Teks eksplanasi juga dikenal sebagai teks ekspositori

Teks eksposisi juga dikenal sebagai teks eksplanasi. Teks eksplanasi menjelaskan dan menginformasikan. Mereka:

  • Menjelaskan cara kerja sesuatu atau cara melakukan sesuatu
  • Menjelaskan ide, proses, atau konsep

Tugas penulis dalam teks eksplanasi adalah menjelaskan topik tertentu dan membantu pembaca memahami informasi.

Tugas penulis dalam teks eksplanasi adalah menjelaskan topik tertentu dan membantu pembaca memahami informasi. Penulis menyajikan informasi dengan cara yang teratur yang membantu pembaca memahami materi. Bagian di atas mencapai hal ini dengan menjelaskan apa itu kabupaten dan bagaimana kabupaten itu didirikan, serta menjelaskan beberapa karakteristik dan tradisinya.

Penulis juga menjelaskan bahwa bandung telah menjadi rumah bagi banyak orang penting seperti Soekarno, yang merupakan presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta yang menjabat sebagai wakil presiden Indonesia dari tahun 1945 hingga 1949, dan Chairil Anwar yang merupakan salah satu penyair Indonesia yang paling terkenal (semuanya dari Wikipedia).

Teks eksplanasi menyajikan fakta, bukan opini

Teks eksplanasi adalah bentuk tulisan yang berisi rincian faktual tentang suatu topik. Teks eksplanasi menjelaskan topik secara rinci; teks ini memberikan informasi tentang subjek yang dibahas. Dengan kata lain, teks eksplanasi membantu Anda memahami apa yang Anda baca atau pelajari.

Teks informasi menjelaskan dan menginformasikan pembaca tentang topik menggunakan jenis tulisan lain, seperti deskriptif, naratif, atau sebab-akibat

Teks informasi adalah jenis tulisan yang menjelaskan dan menginformasikan pembaca tentang suatu topik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis teks informasi. Teks informasi ditulis dalam bahasa sederhana untuk memberi tahu pembaca tentang sesuatu atau untuk mendukung argumen untuk atau menentang sesuatu. Teks ini memiliki tiga karakteristik utama:

a) Teks ini memberikan informasi tentang subjek tertentu dengan memberikan rincian tentang topik tertentu yang terkait dengan subjek tersebut.

b) Mereka ditulis dengan cara yang terorganisir dengan ide-ide, fakta-fakta, dan rincian yang dinyatakan dengan jelas yang disajikan sebagai bagian dari argumen atau penjelasan tentang suatu masalah; mereka menggunakan urutan berurutan yang berarti satu hal demi satu hal tanpa celah (misalnya, “Pertama saya melakukan ini, lalu saya melakukan ini …”).

c) Mereka menggunakan transisi yang jelas sehingga pembaca memahami ke mana mereka akan pergi (misalnya, “Seperti yang Anda lihat…”).

Sejarah kabupaten bandung dijelaskan dalam teks ini

Kabupaten Bandung adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini adalah Bandung. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.358 km² dan jumlah penduduk pada Sensus 2010 adalah 3.702.451 jiwa. Perkiraan resmi terbaru (untuk Januari 2014) adalah 3.836.194.

Sejarah Kabupaten Bandung dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-16 ketika orang-orang Sunda dari dataran tinggi terdekat pindah ke tempat yang sekarang dikenal sebagai Kabupaten Bandung. Pada tahun 1522 Cakraningrat III (1521-1572) mendirikan pemukiman di puncak Gunung Tangkuban Perahu di Kecamatan Leuwigajah saat ini dengan maksud untuk mengembangkan pertanian di sekitarnya. Pada tahun 1582 sudah ada 27 desa di wilayah yang kemudian dikenal sebagai sekitar Batavia, salah satunya adalah Cipanas yang didirikan oleh Kapten Tjaarda van Starkenburg.

Kesimpulan

Jika Anda mencari teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana melakukan sesuatu, maka sejarah kabupaten bandung adalah pilihan yang sangat baik. Teks ini menjelaskan dan menginformasikan kepada pembaca tentang suatu topik dengan menggunakan jenis tulisan lain, seperti deskriptif, naratif, atau sebab-akibat.

Tugas penulis dalam teks eksplanasi adalah menjelaskan topik tertentu dan membantu pembaca memahami informasi yang disajikan. Teks eksplanasi menyajikan fakta-fakta, bukan opini, sementara teks ini menjelaskan mengapa sesuatu terjadi atau apa yang terjadi selanjutnya secara berurutan dari awal, akhir, tengah, akhir, pertama, awal, akhir, dan seterusnya.

Pos terkait