Sejarah berkaitan dengan masa depan 

Mengapa sejarah berkaitan dengan masa depan?

Sejarah bukan hanya cerita, ini tentang belajar dari masa lalu sehingga kita dapat menghindari pengulangan kesalahan. Sejarah membantu kita membuka mata terhadap propaganda dan berita palsu sehingga kita tahu kapan seseorang mencoba memanipulasi kita. Kita perlu belajar dari apa yang terjadi di masa lalu, karena jika tidak, hal itu akan terjadi lagi!

Sejarah adalah disiplin penting yang memiliki potensi untuk membantu kita memahami masa kini, tetapi banyak orang tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar. Berkembangnya berita palsu berarti bahwa orang tidak tahu apa yang harus dipercaya lagi, dan ini telah menyebabkan kurangnya pemahaman yang berbahaya tentang masa lalu kita dan bagaimana hal itu memengaruhi masa depan kita.

Sejarah menelusuri siapa kita

Sejarah adalah tentang masa depan. Itulah artinya berada dalam sejarah. Ini bukan hanya masalah menjadi saat ini, tetapi juga masalah diingat. Begitulah cara kita mengetahui siapa kita sebagai manusia: melalui tindakan kita, yang bisa baik atau buruk.

Bagaimana jika Anda melakukan sesuatu yang sangat buruk? Nah, maka itu adalah bagian dari warisan Anda dan itu akan dikenang bersama dengan segala sesuatu yang lain tentang Anda ketika orang melihat kembali tempat Anda dalam sejarah!

Konon, ada beberapa orang yang benar-benar mengerikan sepanjang waktu – maksudnya, orang-orang yang benar-benar mengerikan yang melakukan hal-hal yang sangat biadab (atau bahkan lebih buruk). Tetapi ingatlah: setiap orang juga memiliki momen-momen baik mereka!

Orang yang sama yang memulai Perang Dunia II, mungkin juga telah menyelamatkan ribuan nyawa melalui kegiatan amal di kemudian hari… Anda tidak pernah tahu apa yang akan dilakukan seseorang selanjutnya, sampai mereka telah membuat jejak mereka dalam sejarah!

Sejarah telah dipersenjatai

Yang terburuk, sejarah adalah senjata. Sejarah telah digunakan untuk membenarkan kekerasan dan penindasan terhadap minoritas di masa lalu, jadi penting untuk menyadari ketika hal ini terjadi.

Sejarah telah digunakan sebagai alat untuk rasisme dan seksisme. Misalnya, banyak orang berpendapat bahwa perbudakan di Amerika dibenarkan karena itu adalah bagian dari proses “evolusi” – orang kulit putih lebih maju daripada orang kulit hitam!

Argumen-argumen semacam ini berbahaya karena mereka memberi orang alasan untuk melakukan kekerasan dan penindasan terhadap orang lain berdasarkan warna kulit atau identitas gender mereka.

Bagi mereka yang mempercayai hal-hal ini tentang sejarah: tolong berhenti melakukan itu! Tidak baik bagi Anda untuk menggunakan “fakta” dari ratusan atau ribuan tahun yang lalu untuk membenarkan menyakiti orang lain hari ini. Gunakan akal sehat Anda sebagai gantinya – kita semua tahu bahwa rasisme / seksisme / homofobia tidak keren sekarang (dan seharusnya tidak pernah terjadi).

Sejarah bukan hanya tentang cerita

Sejarah adalah tentang belajar dari masa lalu. Ini bukan hanya tentang membaca tentang cerita, tetapi juga tentang belajar dari masa lalu sehingga kita dapat menghindari mengulanginya. Sejarah itu penting karena membantu kita untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu.

Jika seorang siswa tidak tahu apa yang mereka lakukan salah pada tes terakhir mereka, mereka tidak akan dapat meningkatkan nilai mereka pada tes berikutnya karena mereka tidak belajar apa pun dari kesalahan mereka!

Berkembangnya berita palsu berarti bahwa orang tidak tahu apa yang harus dipercaya lagi.

Anda mungkin pernah mendengar tentang berita palsu, yang hanya merupakan cara mewah untuk mengatakan bahwa orang-orang telah ditipu untuk mempercayai sesuatu yang salah. Anda mungkin berpikir ini terjadi sepanjang waktu, tetapi sebenarnya sedang meningkat akhir-akhir ini. Mengapa?

Jawabannya rumit dan melibatkan banyak faktor, termasuk fakta bahwa manusia secara alami tertarik pada cerita – ini adalah bagian dari naluri bertahan hidup kita! Jadi ketika kita mendengar tentang sesuatu yang menarik atau menakutkan, kita ingin tahu lebih banyak tentang hal itu.

Berita palsu memanfaatkan dorongan ini dengan menyajikan cerita sedemikian rupa untuk membuatnya tampak lebih penting daripada yang sebenarnya (misalnya, “Resolusi Tahun Baru Mereka Akan Mengubah Anda”). Dan karena kebanyakan orang tidak punya waktu untuk melakukan penelitian mendalam tentang setiap topik yang mereka temui, mereka sering kali memilih apa yang kedengarannya bagus daripada mempertimbangkan apakah itu benar atau tidak.

Kesimpulan

Pengetahuan Anda tentang sejarah bisa jadi penuh lubang, dan ini membuat Anda rentan terhadap misinformasi dan manipulasi

Sejarah bukan hanya tentang cerita, tetapi juga tentang belajar dari masa lalu agar kita tidak mengulanginya lagi. Untuk melakukan ini, Anda harus bisa memilih fakta-fakta Anda dengan bijak dan dengan mata yang kritis.

Sejarah telah dipersenjatai oleh mereka yang berkuasa agar sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri; sehingga pengetahuan Anda tentang sejarah bisa penuh dengan lubang, dan ini membuat Anda rentan terhadap misinformasi dan manipulasi.

Pos terkait