Sejarah adanya CD CompactDisc

Sejarah adanya CD CompactDisc

Sejarah adanya CD – Compact disc pertama kali diperkenalkan ke pasar pada tahun 1983. Teknologi ini telah dikembangkan oleh Philips dan Sony, dan selama bertahun-tahun kedua perusahaan ini bersaing untuk mendominasi di bidang ini. Tetapi sekarang, setelah CD menjadi andalan kehidupan modern, ada baiknya kita melihat kembali bagaimana CD itu muncul.

Teknologi Cakram yang Bersaing

Sementara CD sedang dikembangkan, pesaing utamanya adalah Laserdisc. Laserdisc adalah cakram besar yang menggunakan laser untuk membaca informasi digital, bukan lubang reflektif dan tanah seperti CD.

Cakram ini diproduksi oleh MCA Inc, tetapi formatnya tidak pernah lepas landas karena mahalnya harga pemutar dan cakram serta kurangnya kompatibilitas dengan perangkat elektronik konsumen lainnya.

Teknologi lain yang bersaing di era ini adalah VHS (video home system). VHS memungkinkan konsumen untuk merekam acara televisi ke dalam kaset video untuk ditonton nanti atau untuk digunakan dalam mengedit video bersama menjadi film.

Videotape menjadi populer karena harganya lebih murah daripada laserdisc dan CD (dan tidak memerlukan peralatan khusus). Namun demikian, kaset video juga memiliki beberapa kekurangan: kaset dapat rusak dengan mudah jika tidak ditangani dengan hati-hati; kaset tidak dapat diputar ulang setelah diputar.

Anda tidak dapat melompat ke depan tanpa harus maju cepat melalui bagian yang tidak ingin Anda tonton; ada masalah dengan distorsi pelacakan saat memutar ulang jenis kaset tertentu pada mesin tertentu; kualitasnya sangat bervariasi karena perbedaan antar merek atau bahkan antara batch yang berbeda yang diproduksi oleh satu produsen dalam satu tahun.

Anda dapat membeli satu kotak dengan salinan yang sangat bagus sementara kotak lain memiliki kaset lama yang tidak dapat diputar lagi dengan baik setelah didiamkan selama 25 tahun!

Baca juga Sejarah dan Penemuan Kaca Mata

Philips dan Sony mencapai kesepakatan

Philips dan Sony sudah berkecimpung dalam bisnis elektronik konsumen, dengan Philips yang telah mengembangkan sistem laserdisc dan Sony sistem digital audio tape (DAT).

Pada tahun 1978, mereka memutuskan untuk menggabungkan upaya mereka dan membentuk perusahaan baru bernama Digital Audio Disc Corporation (DADC).

Grafik 3D

Grafik 3D adalah gambar yang paling canggih dan tampak nyata yang dapat Anda temukan. Grafik 3D digunakan dalam video game, film, dan animasi komputer. Jenis gambar ini akan membuat pekerjaan Anda terlihat lebih profesional dan realistis.

Model 3D dibuat menggunakan perangkat lunak rendering 3D seperti Maya atau Blender. Model 3D sangat kompleks untuk dibuat, tetapi setelah selesai dibuat, model ini dapat digunakan untuk banyak tujuan termasuk produk akhir seperti game atau film yang membutuhkan model 3D sebagai bagian dari desain set mereka.

CD-ROM

CD-ROM adalah singkatan dari “Compact Disc Read-Only Memory”. Ini adalah media penyimpanan optik yang dapat menampung hingga 700MB data. Awalnya, ini digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak dan file besar lainnya melalui Internet, tetapi juga umum digunakan pada komputer pribadi (PC) sebagai perangkat penyimpanan.

Selain menyimpan perangkat lunak, file audio dan video dapat diputar pada CD menggunakan cakram atau drive khusus. Jika Anda pernah menggunakan komputer sebelumnya, Anda mungkin pernah melihat drive CD di bagian depan menara PC Anda di bawah tempat Anda memasukkan hard drive.

Kebanyakan orang mengenal CD karena CD menyimpan musik dan film; namun, banyak orang tidak menyadari bahwa ada kegunaan lain dari CD juga. Misalnya:

Banyak bisnis yang menggunakan rekaman audio atau video sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka (e-learning). Sebuah perusahaan mungkin merekam seorang karyawan yang berbicara tentang pengalamannya bekerja di organisasi sehingga calon karyawan dapat mendengar dari seseorang yang telah melalui proses pelatihan di bisnis tertentu.

Jenis pemasaran ini sering dilakukan saat ini karena membantu menyampaikan informasi tentang produk / layanan tanpa harus melibatkan pengacara untuk menyatakan semua detail dalam dokumen hukum yang mungkin tidak secara akurat mencerminkan apa yang terjadi selama sesi pelatihan di dalam perusahaan seperti Amazon di mana para pekerja dibayar kurang dari upah minimum meskipun mereka bekerja penuh waktu yang menghasilkan lebih sedikit uang yang dibelanjakan secara keseluruhan karena lebih sedikit manfaat yang ditawarkan oleh pemberi kerja seperti pertanggungan asuransi untuk biaya pengobatan yang dikeluarkan pada saat pekerja membutuhkan operasi karena cedera yang diderita saat bekerja di bawah kondisi yang tidak aman di mana manajemen tidak menyediakan peralatan keselamatan yang tepat seperti topi keras saat bekerja di sekitar mesin berat, dll…

Baca juga Siapa penemu radio dan televisi?

CD-R dan CD Audio

CD-R dan CD-RW berbeda karena tidak dicap dengan label permanen dan hanya dapat ditulis sekali. Ini berarti bahwa Anda tidak dapat menghapus data dari CD-RW tetapi Anda dapat menulis ulang.

Namun, ketika Anda menulis ke CD-R, Anda membuat duplikat persis dari disk asli. Apabila hal ini terjadi, informasi apa pun yang tersimpan pada cakram asli akan hilang selamanya. Hal ini membuat CD-R ideal untuk menyimpan dokumen terpenting Anda atau jika Anda ingin membuat cadangan hard drive komputer Anda.

CD tersedia dalam tiga kategori: compact disc recordable (CD-R), compact disc rewritable (CD-RW), dan compact disc audio (CD-A). CD-A sama seperti album lainnya kecuali bahwa CD-A berisi file audio, bukan trek musik; CD-A biasanya digunakan oleh musisi yang ingin berbagi karya mereka secara online tanpa harus khawatir tentang masalah pembajakan atau membayar biaya lisensi tinggi yang terkait dengan merilis musik secara digital melalui layanan seperti iTunes atau Rhapsody/Napster/Spotify, dll…

DVD generasi berikutnya dari CD

DVD (Digital Versatile Disc), juga dikenal sebagai Digital Video Disc, adalah generasi berikutnya dari CD. DVD memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada CD, dan karenanya dapat menyimpan lebih banyak data. Hal ini memungkinkan kualitas suara dan gambar yang lebih baik pada DVD dibandingkan dengan CD. DVD dapat diputar pada DVD player, CD player, dan komputer dengan perangkat lunak khusus yang mengubah konten digital menjadi sinyal analog untuk perangkat ini.

Baca juga Sejarah Awal Adanya Gaya Gaun Pengantin Di Dunia

Kesimpulan:

Compact disc telah ada selama lebih dari 30 tahun, dan memiliki dampak yang sangat besar pada kehidupan kita. Compact disc masih digunakan hingga saat ini oleh jutaan orang. Compact disc telah membawa kemajuan yang luar biasa dalam teknologi dan hiburan, dari grafis 3D hingga pemutar DVD dan cakram Blu-Ray.

Pos terkait