Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biodata Nero Sang Tirani

Biodata Nero - Nama lengkapnya Nero Claudius Caesar Augustus Germanicus, adalah seorang kaisar Romawi dari dinasti Julio-Claudian yang kelima dan terakhir. Nero diadopsi oleh pamannya, Claudius agar nantinya menjadi penerus tahtanya. Nero naik tahta tanggal 13 Oktober 54 setelah Claudius meninggal dunia.

Nero berkuasa dan memerintah mulai tahun 54 hingga tahun 68, ia lebih memfokuskan pada diplomasi, perdagangan, dan meningkatkan budaya ibukota kekaisaran. Pada masa pemerintahannya, Nero membangun teater dan permainan atletik.

Nero mampu memenangkan perang dan berdamai dengan kekaisaran Parthian pada tahun 58 – 63 dan menjalin diplomasi dengan Yunani. Namun, sebuah kudeta militer sanggup menurunkannya dari kursi kekaisaran pada tahun 68. Sebelum ia dieksekusi, ia dilaporkan telah bunuh diri.

Kekuasaan Nero identik dengan tirani dan kekejaman. Saat ia berkuasa tercatat telah melakukan beberapa eksekusi, termasuk ibunya sendiri dan saudara kandung adopsinya, dan juga kaisar yang "membakar Roma" dan pembunuh Kekristenan awal.

Biodata Nero
Patung Nero
Patung Nero di Glyptothek,Munich

Nama lengkap: Nero Claudius Caesar Augustus Germanicus
Kebangsaan: Romawi
Tanda Bintang: Sagitarius
Profesi: Kaisar Romawi
Berkuasa: 13 Oktober 54 – 9 Juni 68(13 tahun)
Pendahulu: Claudius
Pengganti: Galba
Lahir: 15 Desember 37, di Antium, Itali
Wafat: 9 Juni 68 (aged 31) di luar Roma
Penyebab Kematian: Assisted bunuh diri
Wangsa: Dinasti Julio Caludian
Ayah: Gnaeus Domitius Ahenobarbus
Ibu: Agrippina
Pasangan: Claudia Octavia, Poppaea Sabina, Statilia Messalina, Sporus
Anak: Claudia Augusta
Agama: Paganisme Romawi
Patung Ibu Kandung Nero
Ibu Nero sedang mengmahkotai Nero (c. 54–59 M)

Mengapa Nero Terkenal?
Nero adalah Kaisar Romawi dari 54 hingga 68, dan yang terakhir dalam dinasti Julio-Claudian. Ia terkenal sebagai Kaisar yang "memain-mainkan sementara Roma terbakar" dan sebagai penganiaya awal orang-orang Kristen. Pemerintahannya sering dikaitkan dengan tirani dan pemborosan, dan ia dikenal karena mengeksekusi orang-orang yang dianggapnya musuh, termasuk ibunya sendiri. 

Kematiannya mengakhiri Dinasti Julio-Claudian, memicu periode singkat perang saudara yang dikenal sebagai Tahun Empat Kaisar.

Catatan Sejarah dalam Kehidupan Nero
Tanggal 4 Maret 0051 Nero, yang kemudian menjadi Kaisar Romawi, diberi gelar princeps iuventutis (kepala kaum muda).

Tanggal 13 Oktober 0054 Nero menggantikan Claudius sebagai Kaisar Romawi.

Tanggal 11 Pebruari 0055 Tiberius Claudius Caesar Britannicus, pewaris Kaisar Romawi, wafat secara misterius di Roma. Ini membuka jalan bagi Nero untuk menjadi Kaisar.

Tanggal 18 Juli 0064 Api Besar Roma dimulai di bawah Kaisar Nero.

22 September 0066 Kaisar Nero menciptakan Legion I Italica.

Tanggal 9 Juni 0068 Kaisar Romawi Nero bunuh diri, memohon sekretarisnya Epaphroditos untuk menggorok lehernya untuk menghindari kematian yang dipaksakan oleh Senat dengan cambuk.