Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bendera Thailand

Bendera Thailand, dalam Thai: Thong Trairong, yang berarti “bendera tiga warna / 3 warna”. Bendera tersebut menunjukkan lima jalur mendatar yaitu: warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan ukuran jalur warna biru 2x lebih besar dari warna lainnya. Baik warna merah, putih, maupun biru secara berurutan melambangkan negara-agama-raja, yang merupakan semboyan tidak resmi negara Thai. Bendera tersebut diresmikan tanggal 28 September 1917.

Bendera Thailand

Pertama kali Thailand mengadopsi bendera yang digunakan di Siam, warnanya merah dan tidak bercorak. Bendera ini digunakan pada masa pemerintahan Raja Narai (1656-1688). Waktu selanjutnya berbagai jenis simbol dirancang seperti, chakra putih (roda yang berkaitan dengan agama Buddha), seekor gajah putih di dalam chakra atau cakra putih dengan matahari di dalamnya.

Dalam catatan resmi Thailand, bendera pertama kali Thai dirancang tahun 1855, oleh Raja Mongkut (Rama IV), menggunakan ikon seekor gajah putih (lambang kerajaan) dengan latar belakang berwarna merah.

Karena dirasa bendera merah tidak sesuai digunakan di arena internasional, maka pada tahun 1916, bendera Thai dirubah seperti bentuk yang digunakan sekarang. Pada awalnya, pada bagian tengah berwarna merah, namun pada tahun 1917, warna merah diganti menjadi warna biru, yang merupakan warna hari Jumat bagi orang Thai dan juga hari lahirnya Raja Rama VI.

Baca juga: Peta Thailand

Posting Komentar untuk "Bendera Thailand"