Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Maret 1965 Bill Bradley mencetak 58 poin untuk Princeton

Pada hari ini 30 Maret pada tahun 1965, Forward Princeton Bill Bradley mencatatkan rekor dengan mencetak dengan 58 poin dalam permainan melawan Wichita State. Bradley adalah pemain utama di sekolah basket tahun itu dan menyandang predikat Most Outstanding Player award.

William Warren Bradley Lahir pada tahun 1943 di Crystal City, Missouri. Keahliannya bermain basket membuatnya banjir tawaran beasiswa. tidak kurang dari 70 Beasiswa dari sekolah basket terbaik Amerika ditawarkan kepadanya waktu itu. dan akhirnya Bradley memilih Princeton University. 

Dalam tahun pertamanya, Bradley mencatat rekor dengan memasukkan 57 lemparan bebas berturut-turut , suatu prestasi yang belum pernah dicapai oleh pemain di akademi bola basket profesional manapun. 1964, Setelah ia melewati masa masa dia menjadi pemain junior Bradley menjadi kapten tim basket pria Olimpiade AS, memimpin rekan-rekannya meraih medali emas. 

lalu ketika ia menjadi senior, ia mengomandoi The Tigers ke kancah NCAA tournament, dimana ia menjadi top skor, dengan poin rata-rata 43.5 per kontes. Meskipun itu tidak cukup untuk mengatasi perlawanan Universitas Michigan di babak semifinal, 58 poin yang ia cetak melawan Wichita State membantu Tigers menyabet Peringkat ke tiga.

Bill Bradley mencetak 58 poin untuk Princeton

Setelah lulus dari Princeton, Bradley masuk NBA dan menerima beasiswa Rhodes untuk belajar di Oxford. Bradley kemudian bermain untuk Olimpia Milano di Liga Italia basket selama satu tahun, memimpin mereka untuk Kejuaraan Eropa 1966-67 . 


Tahun berikutnya, Bradley kembali ke Amerika Serikat dan bergabung dengan tim yang isinya pemain-pemain berbakat, New York Knicks.  saat itu New york Knicks dihuni oleh pemain-pemain handal seperti: Dave DeBusschere, Earl "The Pearl" Monroe, Walt "Clyde" Frazier, Jerry Lucas dan Willis Reed. 

Sebagai pemain Knicks ia tidak terlalu menonjol, Bradley memainkan permainan all-around, dengan rata-rata 12.3 poin per game untuk karirnya dan membantu Knicks merajai NBA pada tahun 1970 dan 1973. Bradley pensiun dari basket tahun 1977. Enam tahun kemudian, pada tahun 1983, ia Dianugerahi Basketball Hall of Fame.

Bradley yang multi talenta berkontribusi di Senat AS (1979-1997). Ia mencalonkan diri untuk menjadi presiden pada tahun 2000, kalah suara Partai Demokrat dari Wakil Presiden Al Gore.