Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 ciri utama sejarah

3 ciri utama sejarah - Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan metode-metode serta standar-standar tertentu. Mempelajari ilmu sejarah merupakan suatu jenis berfikir secara historis.

Cara berpikir sejarah berbeda dengan cara berpikir ilmu pengetahuan alam. Alasannya, cara berpikir sejarah akan selalu berkaitan dengan masa lampau, sedangkan ilmu pengetahuan alam akan berkaitan dengan sekarang.

Perhatian sejarah terfokus pada pengalaman dan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh manusia, serta peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi dalam lingkup manusia. Sebagai suatu studi, sejarah meneliti sepanjang kehidupan manusia, yaitu sejak manusia pertama kali muncul di bumi ini hingga sekarang.

Ciri-ciri sejarah

Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi unik dan penting.
1. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

2. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis untuk kedua kalinya.

3. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum, karena mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.

Bagan ciri utama sejarah

Gambar Bagan ciri utama sejarah
Gambar Bagan ciri utama sejarah
Demikian penjelasan mengenai 3 ciri utama sejarah, semoga menjadi catatan bagi anda pecinta sejarah.

Baca juga: Hakekat sejarah sebagai ilmu seni dan kisah

Sumber : I Wayang Badrika, KTSP 2006, Sejarah Untuk SMA Kelas X