Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Agama Buddha di Asia Tenggara

Web Sejarah - Secara geografis, wilayah Asia Tenggara daratan terdiri atas negara-negara seprti Myanmar (Burma), Muangthai, Indo-Cina, dan Malaya. Asia Tenggara kepulauan terdiri atas Singapura,, Indonesia, dan Filipina. Daerah-daerah tersebut mendapat pengaruh dari agama dan budaya India.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai negara-negara di Asia Tenggara, silahkan lihat di Kategori : Sejarah Dunia

Agama Buddha di Thailand

Di Thailand, kerajaan yang mengembangkan agama Buddha Therayada (Buddha Hinayana) antara abad ke-13 sampai abad ke-15 ialah kerajaan Sukothai dan Ayuthia. Kedua kerajaan besar tersebut meninggalkan ratusan wat (kuri) atau pagoda yang terletak di Thonburi (Bangkok). Wat (Kuri) yang paling besar adalah Wat Phra Kaew yang di dalamnya terdapat patung Buddha yang terbuat dari Zamrud.

Wat Phra Kaew di Thailand
Wat Phra Kaew (Thailand) di dalamnya berdiri megah patung Buddha yang terbuat dari Zamrud

Agama Buddha di Myanmar

Di Myanmar, masyarakat mulai memperoleh pengetahuan Buddha semenjak kedatangan biksu Buddha Gosha dari Srilanka pada tahun 403 Masehi. Agama Buddha semakin banyak penganutnya di masa kekaisaran Pagan di bawah pimpinan Raja Anawrahta (1044-1077 M).

Raja Pagan pernah menugaskan para rahib bangsa Mon untuk menjadi orang-orang Pagan yang memeluk agama Buddha Theravada. Pada masa itu ribuan pagoda didirikan. Pagoda terbesar dan paling terkenal adalah Shwe Dagon yang dibangun pada tahun 1059 M.

Agama Buddha di Kamboja dan Vietnam

Di Kamboja, agama Buddha mendapat sambutan yang baik dari seluruh lapisan masyarakat semasa pemerintahan Jayawarman VII (1811-1219). Peninggalan penting pemerintahan Jayawarman VII yaitu Angkor Thom.

Di Vietnam, masyarakat yang tinggal di wilayah Annam dan Tonkin diberitakan oleh I-tsing telah menganut agama Buddha. Diantara tahun 968-1009 Masehi, Dinasti Dinh mendirikan sebuah organisasi keagamaan resmi yang memadukan Taoisme dan Buddhisme.

Raja Ke II berusaha memasukkan naskah-naskah klasik Buddha Mahayana dari negara Cina dan menghimbau rakyatnya untuk masuk agama Buddha.

Agama Buddha di Indonesia

Di Indonesia, agama Buddha sangat berkembang di kerajaan Sriwijaya pada masa raja Balaputeradewa. Pada abad ke-9, Sriwijaya merupakan salah satu pusat penyebaran agama Buddha.

Selengkapnya silahkan baca di sejarah : Kerajaan Sriwijaya negara kesatuan pertama

Demikian Perkembangan Agama Buddha di Asia Tenggara, semoga menjadi catatan sebagai pecinta Sejarah Dunia.

Sebagai pelatihan, silahkan kerjakan: Soal sejarah lengkap jawabannya
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com