Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapa sajakah raja Kerajaan Samudra Pasai

Web Sejarah - Siapa sajakah raja Kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini terletak di Lhokseumawe, tepatnya di pinggir Sungai Pasai, yang sekarang termasuk wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Kerajaan ini mengalami kemunduran pada abad ke-15. Penyebab kemunduraun Samudra Pasai adalah karena terjadi perebutan kekuasaan. Beberapa peninggalan kerajaan ini di antaranya mata uang emas dan makam raja-rajanya.

Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Samudra Pasai

Raja-raja yang pernah berkuasa pada masa Kerajaan Samudra Pasai adalah sebagai berikut :

1. Sultan Malik Al-Saleh

Raja yang sewaktu kecilnya bernama Marah Silu ini merupakan pendiri Kerajaan Samudra Pasai pada abad ke-13 Masehi. Dia juga tercatat sebagai orang Islam pertama di Nusantara, dengan gelar Sultan Malik Al-Saleh dan memerintah dari tahun 1290 sampai 1297.

2. Sultan Malik At-Tahir I

Memerintah dari tahun 1297 sampai 1326. Nama kecil Sultan Malik At-Tahir I bernama Sultan Muhammad. Ia adalah putra dari Sultan Malik Al-Saleh.

3. Sultan Malik At-Tahir II

Memerintah dari tahun 1326 sampai 1348. Nama kecil Sultan Malik At-Tahir II adalah Sultan Ahmad.

4. Sultan Zainal Abidin

Memerintah dari tahun 1349 sampai 1496. Bergelar Sultan Malik At-Tahir III.

Tokoh sejarah yang terkenal pada masa Kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik At-Tahir II. Pada masa pemerintahannya Samudra Pasai mencapai puncak kejayaan. Adapun bukti kejayaan dari Kerajaan Samudra Pasai adalah sebagai berikut :
1. Kerajaan Samudra Pasai dikenal sebagai pusat penyebaran Agama Islam dan pusat perdagangan.
2. Sultan Malik At-Tahir II menyediakan istananya untuk digunakan sebagai tempat musyawarah para ulama.
3. Kerajaan memiliki sikap terbuka dalam berhubungan dengan negara lain. Misalnya, hubungan kerajaan dengan Sultan Delhi dari India. Pada masa pemerintahannya, Ibnu Batutah seorang pengembara asal Maroko pernah datang ke kerajaan Samudra Pasai.

Sumber lain mengenai Kerajaan Samudra Pasai silahkan baca tautan di bawah ini :

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Siapa sajakah raja Kerajaan Samudra Pasai, semoga menjadi tambahan catatan sejarah nusantara.
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com