Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Raja Mataram Hindu atau Mataram Kuno

Web Sejarah - Kerajaan Mataram di Jawa Tengah disebut juga Kerajaan Mataram Hindu atau Mataram Kuno. Kerajaan Mataram Hindu memiliki raja bernama Sanjaya. Raja Sanjaya memerintah sekitar tahun 732 Masehi. Sebelum Raja Sanjaya, yang memerintah adalah Raja Sanna.

Raja Sanjaya bergelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya. Beliau kemudian digantikan oleh Sri Maharaja Rakai Panangkaran. Dalam catatan sejarah, raja-raja Mataram Hindu di Jawa Tengah selengkapnya adalah sebagai berikut :
  1. Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya
  2. Sri Maharaja Rakai Panangkaran
  3. Sri Maharaja Rakai Panunggalan
  4. Sri Maharaja Rakai Warak
  5. Sri Maharaja Rakai Garung
  6. Sri Maharaja Rakai Pikatan
  7. Sri Maharaja Rakai Kayuwangi
  8. Sri Maharaja Rakai Watuhumalang
  9. Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung Dharmodya Mahasambu
  10. Daksa
  11. Raja Tulodhong
  12. Raja Wawa
Tokoh sajarah yang terkenal pada masa Kerajaan Mataram Hindu adalah Rakai Watukura Dyah Balitung. Pada saat Balitung berkuasa, Kerajaan Mataram Hindu mencapai puncak kejayaannya. Balitung berhasil menaklukkan wilayah-wilayah di sebelah timur Mataram Hindu.

Pada masa pemerintahan Balitung, rakyat yang beragama Hindu-Buddha saling menghargai. Candi-candi banyak yang berdiri sebagai hasil gotong-royong masyarakat yang berbeda agama.

12 Raja Mataram Hindu atau Mataram Kuno
Candi Kalasan yang dibangun oleh Rakai Panangkaran

Baca juga berbagai peninggalan sejarah Hindu pada Prasasti Mataram Hindu

Demikian yang dapat admin sampaikan mengenai 12 Raja Mataram Kuno, semoga menjadi catatan sejarah nusantara.
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com

Post a Comment for "12 Raja Mataram Hindu atau Mataram Kuno"