Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 sifat Umar bin Khattab yang patut diteladani

Umar Bin Khattab adalah salah satu sahabat Nabi yang memiliki sifat yang patut diteladani. Adapun keteladanan kepribadian Umar bin Khattab adalah sebagai berikut:

1. Umar bin Khattab Tegas dan berani

Umar adalah sahabat Rasulullah yang paling berani, bahkan hampir tidak ada yang menandinginya, apalagi kalau menghadapi hal-hal yang berkaitan dengan kebatilan. Baik itu dilakukan oleh rakyatnya sendiri atau negeri lain.

Keberanian Umar diperlihatkan ketika berangkat hijrah ke Madinah di mana setiap orang hijrah dengan sembunyi-sembunyi, tetapi Umar berhijrah dengan menghunus pedangnya, menyandang busurnya dan memegang anak panahnya, lalu ia pergi ke Ka'bah untuk melakukan tawaf yang pada saat itu para pemuka sedang berada di serambi Ka'bah.

Kemudian Umar pun mendekatinya dan berkata : "Siapa yang ingin ibunya mati nelangsa, anaknya menjadi yatim dan istrinya menjadi janda, maka silahkan menghadapi aku di balik lembah ini, dengan syarat tidak ada seorangpun yang menyertainya."

2. Umar bin Khattab Suka bermusyawarah

Umar adalah sahabat Rasulullah juga bisa menjadi teladan dalam memimpin, karena dia selalu mengutamakan bermusyawarah untuk mufakat dan mengambil keputusan. Selain itu Umar juga tegas dalam memerangi kebatilan. Oleh karenanya beliau berani dan rela berkorban dalam membela kebenaran, selalu bersikap adil serta berjiwa besar dan menghormati orang lain.

3. Umar bin Khattab Bersikap adil

Umar adalah sosok pemimpin yang adil, dalam menetapkan hukum. Dan tidak memandang siapa yang melanggar, baik itu saudara, atau anak orang yang berpangkat, apabila melanggar pasti akan dihukum dengan semestinya.

Seperti ketika anak dari Amru bin Ash (Gubernur Mesir waktu itu) melakukan kesalahan. Umar pun dicambuk sebanyak ia mencambuk warga tersebut. Rasulpun menjulukinya sebagai al Faruq yaitu orang dapat menegakkan hak dan membasmi yang batil.

4. Umar bin Khattab Bersifat sederhana

Selain terkenal sebagai orang yang berani, adil, jujur, bijaksana, beliaupun terkenal sebagai orang yang sangat sederhana. Kesederhanaan beliau seperti tampak ketika menjadi khalifah beliau tidak memakai busana kebesaran, tidak menggunakan kendaraan yang disediakan oleh para pembantunya. Dalam asas yang diriwayatkan dari Ibnu Jarin dan Abu Nu'aim dari al Hasan dia berkata : "Ketika Umar bin Khattab sudah menjadi khalifah, di kain mantelnya ada dua belas tambalan.

Baca juga sejarah Islam: Tujuh lembaga kekhalifahan yang didirikan Umar bin Khatab