4 keadilan menurut Aristoteles

keadilan yang berhubungan dengan persamaan yang diterima oleh setiap orang tanpa memperhatikan jasa-jasa perseorangan oleh aristoteles dinamakan keadilan.
Aristoteles membedakan keadilan menjadi sebagai berikut:

Keadilan distributif

Keadilan distributif adalah keadilan yang berhubungan dengan distribusi jasa dan kemakmuran menurut kerja dan kemampuan. Contoh : beberapa pegawai mendapat gaji yang berbeda sesuai dengan masa kerja, golongan, jenjang pendidikan, dan kesulitan pekerjaannya.

Keadilan komutatif

Keadilan komutatif adalah keadilan yang berhubungan dengan persamaan yang diterima oleh setiap orang, tanpa melihat jasa-jasa perseorangan. Contoh : seseorang yang telah melakukan kesalahan tanpa memandang kedudukannya maka ia tetap dihukum sesuai dengan kesalahannya tersebut.
Patung Aristoteles

Keadilan kodrat alam

Keadilan kodrat alam adalah keadilan yang bersumber pada hukum kodrat alam. Contoh : seseorang yang menjawab salam dari seseorang disebut adil.

Keadilan konvensional

Keadilan konvensional adalah keadilan yang mengikat warga negara, sebab itu didekritkan melalui suatu kekuasaan. Contoh : penggunaan sabuk pengaman bagi pengendara mobil dan helm bagi pengendara sepeda motor adalah adil.

Bacaan Lainnya

Baca juga pengertian keadilan menurut para filosof dunia lainnya pada artikel tautan di bawah ini:

    Pos terkait

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.