Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 arti logo Jawa Tengah

Propinsi Jawa Tengah adalah sebuah propinsi yang terletak di pulau Jawa bagian Tengah, makanya dinamakan Jawa tengah, yang beribukota di Semarang. Propinsi ini memiliki sebuah simbol atau logo yang mengandung warna merah, putih, kuning, hijau, biru dan hitam.

Logo atau lambang Jawa Tengah berbentuk kendi amerta (cupu manik) segi lima. Di dalam kendi, terdapat lukisan candi Borobudur, gunung kembar, laut dan gunung, bambu runcing, bintang, padi dan kapas. Di bawah lambang, terdapat tulisan Prasetya Ulah Sakti Bhakti Praja (Janji akan bekerja keras membangun bangsa dan negara).


logo jawa tengah
Logo jawa tengah

Logo Jawa Tengah di atas bukannya tanpa arti, tetapi setiap bentuk atau pun warna memiliki arti atau maksud tersendiri. Dari berbagai sumber yang didapat penulis, arti atau makna logo porpinsi Jateng di atas sebagai berikut :

1. Kendi amerta dengan bentuk dasar segi 5, terletak di tengah melambangkan Pancasila.
kendi amerta
Kendi Amerta

2. Candi Borobudur terletak di tengah kendi amerta merupakan identitas Jawa Tengah.
Candi Borobudur
Candi Borobudur

3. Gunung kembar terletak di belakang candi Borobudur memiliki arti persatuan antara rakyat dan pemerintah daerah.
gunung kembar
Gunung kembar

4. Laut dan gunung melambangkan hidup dan kehidupan.
laut dan gunung
Laut dan gunung

5. Bambu runcing tegak ke atas sebagai simbol perjuangan kemerdekaan.
bambu runcing
Bambu runcing

6. Yang terakhir, gambar bintang, padi, dan kapas melambangkan hari depan rakyat Jawa Tengah menuju masyarakat adil makmur berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
bintang, padi dan kapas
Bintang, padi dan kapas

Sebagai warga Jawa Tengah semoga lambang tersebut sanggup memberikan inspirasi tersendiri. Mau kita bawa ke mana propinsi kita ini?

Sebagai pelengkap mungkin untuk kepentingan tertentu, seperti untuk kop surat, film sablon atau lainnya, di sini saya sertakan logo dengan warna hitam putih saja. Semoga berguna bagi pengunjung blog ini.
logo jawa tengah hitam putih
Logo jawa tengah hitam putih

Demikian 6 arti logo Jawa Tengah, untuk lebih jauh mengetahui wilayah Jawa Tengah atau sering disingkat Jateng, silahkan baca: Peta Jawa Tengah Lengkap