Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertambangan, perhubungan, pertanian dan peternakan Brunei

Pertambangan Brunei

Sumber daya utama Brunei Darussalam adalah minyak bumi dan gas. Ladang minyak yang terkenal dan terbesar di Asia Tenggara adalah Seria, yang terletak di tepi pantai. Ladang minyak lainnya terdapat di wilayah lepas pantai Kuala Belait, Ampar dan Jerudong.

Minyak bumi menghasilkan kurang lebih 95% pendapatan nasional Brunei. Pengeboran minyak dilakukan oleh Shell dari tahun 1929 dan sekarang mencapai 175.000 barrel perhari. Produksi gas alam cair (LNG) mencapai 5 juta ton per tahun. Minyak mentah Brunei disuling di Miri dan Lutong (Serawak).

Perhubungan Brunei

Untuk perhubungan dengan negara lain dibangun sebuah pelabuhan samudra dan bandar udara internasional yang bernama Brunei International Airport. Jalan kereta api hanya terdapat antara Seria dan Badas sepanjang 10 km.

Pertanian dan peternakan Brunei

Tanaman pertanian utama adalah padi, dan diusahakan juga jagung, kelapa dan sagu. Hasil perkebunan Brunei yang diekspor ialah karet (2% dari jumlah ekspor) dan lada.

Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com