Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 relief Muangthai/Thailand

Sungai Salween memisahkan Muangthai dengan Birma. Sungai Mekhong membatasi Muangthai dengan Laos di bagian timur. Sungai Mun dan Chi ialah anak sungai Mekhong yang mengalir di bagian timur laut Muangthai. Menam Chao Phraya bermuara di Teluk Siam.

Relief Muangthai dibagi 4 wilayah utama, yaitu :
1. Dataran rendah di bagian tengah
Dibagian tengah dialiri sungai Chao Phraya dan anak sungainya, yaitu : Sungai Ping, Wang, Yom dan Nan. Sungai Chao Phraya adalah sungai terpanjang dan terbesar di Muangthai, yang datarannya paling subur dan sesuai untuk bertanam padi. Dataran rendah ini di kelilingi oleh pegunungan.

2. Daerah pegunungan di bagian utara dan barat
Daerah pegunungan di bagian utara dan barat merupakan kelanjutan pegunungan di Birma. Puncak tertingginya yaitu gunung Inthanon dengan ketinggian 2.570 meter.

3. Pegunungan Plato Korat di bagian timur
Plato adalah suatu daerah yang datar dan tinggi letaknya. Plato Korat merupakan pegunungan kapur. Tanah pegunungan Plato tandus dan irigasi kurang baik. Sumber mata air berasal dari Sungai Mekong, sungai utama Kamboja.

4. Semenanjung Muangthai di selatan
Wilayah ini berupa daratan sempit yang terletak antara laut Andaman dan Teluk Thailand. Semenanjung Thailand memanjang 1.000 kilometer ke selatan yang mulanya sempit kemudian melebar hingga perbatasan Malaysia. Bagian yang sempit dari Semenanjung Thailand adalah Tanah Genting Kra. Tanah Genting yaitu sebidang tanah sempit yang sebelah-menyebelah dibatasi oleh laut dan menghubungkan 2 daratan yang luas.