Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Negara Belanda

Negara Belanda berbentuk kerajaan dengan kepala negara raja atau Ratu. Ibu kotanya di Amsterdam dengan pusat pemerintahan di Den Haag. Belanda terletak di sebelah barat laut Benua Eropa, yang letak astronomisnya antara 50 derajat LU - 53 derajat 33' BT dan 3 derajat 22' BT - 7 derajat 15' BT.

Luas seluruh negeri Belanda hampir 40.922 kilometer persegi. Gunung tertinggi di Belanda yaitu gunung Vaalserburg, yang memiliki ketinggian kurang lebih 321 meter. Daerah yang terendah 6,1 meter di bawah permukaan air laut.

Negara Belanda atau Nederland artinya negara di bawah permukaan laut. Polder adalah daerah yang berada di bawah permukaan laut pada waktu pasang.

Bahasa nasional yaitu bahasa Belanda. Agama yang dianut mayoritas penduduk agama Katolik Roma dan Protestan. Kepala pemerintahan dipegang oleh seorang Perdana Menteri. Badan Legislatifnya yaitu parlemen. Kota-kota besar dan utama adalah kota Amsterdam, Rotterdam, Den Haag, Utrecht dan Lely Stad.

Ekspor utama Belanda yaitu : bunga-bungaan, sayur, bahan kimia, mesin dan onderdil, serta perlengkapan listrik. Sedangkan impor utamanya terdiri dari minyak tanah, besi, baja dan pupuk.

Mata uang Belanda yaitu Gulden. Hari libur nasional tepat pada hari kelahiran raja Belanda yang ke-1, yaitu tanggal 30 April.

Lagu kebangsaan Belanda yaitu "Wihelmus Van Nassanwe".

Batas Wilayah

Batas-batas wilayahnya :
  • bagian barat berbatasan dengan Laut Utara
  • bagian utara berbatasan dengan Laut Utara
  • bagian timur berbatasan dengan Jerman Barat
  • bagian selatan berbatasan dengan Belgia.

Pertanian dan peternakan

Hasil pertanian Belanda meliputi gandum, dan jelai, umbi-umbian, kentang, bawang dan bit, sayur-sayuran, nuah-buahan, tomat, mentimun, apel, jeruk dan buah per.Hasil pertanian sebagian untuk ekspor.

Belanda adalah negara pengekspor telur dan minyak babi terbesar di Eropa dan pengekspor susu, mentega, keju terbesar di dunia.

Bunga Tulip dari Belanda adalah terbesar dan terbanyak hasilnya di dunia. Pusat industri bunga Tulip terletak di kota Lisse (selatan Harleum) dan kota Aalsmeer (sebelah barat daya Amsterdam).

Adat istiadat lama di negeri Belanda masih terpelihara dengan baik, misalnya :
- menjaga kebersihan rumah tangga.
- pada hari-hari libur dan acara tertentu berpakain tradisional dengan sepatu, kayu dan klompen.

Selanjutnya Relief Negara Belanda.
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com

Post a Comment for "Tentang Negara Belanda"