Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Industri, pertambangan dan perhubungan di Brazil

Industri dan pertambangan
Industri emas intan merupakan industri yang penting di Brazil. Daerah pertambangan besi dan mangan terletak di negara bagian Minas Gerais di Plato Brazil.

Kota Belo Horizonte adalah kota terbesar di Minas Gerais. Kota Itabira mempunyai tambang besi terbanyak di dunia. Tambang tembaga terdapat di utara Belo Horizonte dan di Balau (Salvador.

Tambang minyak dan penyulingan minyak terdapat di lepas pantai kota Aracaju. Batubara dengan kualitas baik terdapat di Tubarao.

Daerah industri utama terdapat di segitiga kota, yaitu Belo Horizonte, Sao Paulo dan Rio de Janeiro. Tenaga listrik untuk daerah industri tersebut berasal dari PLTA di Sungai Parana.

Kota nomor 2 di Brazil yaitu Rio de Janeiro yang merupakan pusat perdagangan dan kota industri. Industri baja merupakan industri dengan bantuan Amerika Serikat.

Perhubungan
Jalan raya dan kereta api sangat sedikit, karena terlalu mahal untuk membuat di daerah pedalaman, oleh karena itu pelayaran sungai sangat penting. Sungai penting yang digunakan untuk transportasi adalah Sungai Amazona yang dapat dilayari kurang lebih 1.600 km untuk sampai Manaus.

Jalan raya terbaik di Brazil yaitu jalan raya trans Amazona yang meliputi lahan tinggi Brazil dan lembah Amazona.
Lihat selengkapnya Tentang negara Brazil atau lihat peta Sungai Amazona di bawah ini