Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Relief Mesir

Relief Mesir dibagi menjadi 5 wilayah, yaitu :
1. Lembah Nil
Lembah Nil memisahkan gurun barat dan gurun timur. Panjang lembah Nil lebih dari 1.200 km, dari Sudan ke Laut Tengah. Di lembah Sungai Nil dibangun danau buatan sepanjang 320 km, yang disebut Danau Nasser dan dibendung oleh Bendungan Aswan. Lembah Nil merupakan daerah yang penduduknya padat.

2. Delta Nil
Delta Nil terbentuk di muara Sungai Nil. Delta Nil terbentang dari kota Kairo hingga Laut Tengah, dengan panjang 160 km. Daerah ini juga berpenduduk padat.

3. Gurun Barat
Gurun Barat merupakan lanjutan dari Gurun Sahara di Libya. Luas gurun barat hampir 3/4 luas seluruh Mesir. Gurun barat berbentuk plato yang beriklim sangat kering. Di sana terdapat cekungan oase di El Kharga, Dhakhla, Farafra Bahariga dan Siwa.

4. Gurun timur
Gurun timur terbentang dari Lembah Nil ke Laut Merah. Arah gurun ini sejajar pantai Laut Merah. Di sana terdapat pegunungan yang puncak tertingginya 2.187 m  yang terdiri dari batu kapur dan pasir. Di gurun ini terdapat mata air bukan oase.

5. Semenanjung Sinai
Semenanjung Sinai merupakan Plato segitiga. Semenanjung Sinai dipisahkan oleh Teluk Suez dan Terusan Suez.

Itulah 5 Relief Mesir. Baca juga Tentang negara Mesir dan Sejarah Mesir Kuno
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com

Post a Comment for "5 Relief Mesir"