Lompat ke konten

20 November, Peristiwa Sejarah apa yang terjadi Hari ini?

Pada hari ini di tahun 1979, Krisis Penyanderaan Iran dimulai ketika sekelompok mahasiswa Islamis menyerbu kedutaan Amerika di Teheran. Pada hari ini di tahun 1789, New Jersey menjadi negara bagian pertama yang meratifikasi Bill of Rights Konstitusi AS, yang menjamin kebebasan individu dan hak-hak sipil. Pada hari ini di tahun 1942, Presiden Franklin D. Roosevelt memerintahkan semua orang Jepang-Amerika Pantai Barat ke dalam kamp interniran selama Perang Dunia II.

Pada hari ini di tahun 1969, astronot Apollo 12 Pete Conrad dan Alan Bean mendarat di bulan dan mengumpulkan 47 pon batu bulan untuk diperiksa kembali di Bumi. Pada hari ini di tahun 1970, penulis Soviet Alexander Solzhenitsyn dianugerahi Hadiah Nobel Sastra, tetapi tidak dapat menerimanya karena pengasingannya dari Uni Soviet.

20 November

20 November 1979

Pada hari ini di tahun 1979, Krisis Penyanderaan Iran dimulai ketika sekelompok mahasiswa Islamis menyerbu kedutaan Amerika di Teheran.

Pada hari ini di tahun 1979, Krisis Penyanderaan Iran dimulai ketika sekelompok mahasiswa Islamis menyerbu kedutaan Amerika di Teheran. Krisis sandera adalah krisis diplomatik antara Iran dan Amerika Serikat yang berlangsung selama 444 hari dari tanggal 4 November 1979 hingga 20 Januari 1981.

Krisis dimulai ketika para mahasiswa Islamis menyerbu kedutaan Amerika di Teheran pada tanggal 4 November 1979. Mereka menyandera 63 sandera, 52 di antaranya adalah warga negara Amerika.

Peristiwa tersebut menimbulkan tanggapan internasional yang melibatkan para pemimpin nasional seperti Presiden Jimmy Carter dan Mohammad Reza Pahlavi (Shah Iran), serta berbagai organisasi internasional seperti OPEC dan NATO.

20 November 1789

Pada hari ini di tahun 1789, New Jersey menjadi negara bagian pertama yang meratifikasi Bill of Rights Konstitusi AS, yang menjamin kebebasan individu dan hak-hak sipil.

  • Bill of Rights adalah daftar 10 amandemen pertama Konstitusi AS.
  • Bill of Rights menjamin kebebasan individu dan hak-hak sipil.
  • Tahun ini menandai peringatan 229 tahun ketika New Jersey menjadi negara bagian pertama di Amerika yang meratifikasinya.
  • Pada tanggal 15 Desember 1791, Virginia meratifikasinya, menjadikannya bagian dari dokumen pemerintahan negara kita.

20 November 1942

Pada hari ini di tahun 1942, Presiden Franklin D. Roosevelt memerintahkan semua orang Jepang-Amerika Pantai Barat ke dalam kamp-kamp interniran selama Perang Dunia II.

Pada bulan Februari 1942, Presiden Franklin D. Roosevelt menandatangani Perintah Eksekutif 9066 yang mengesahkan pemindahan orang-orang keturunan Jepang dari Pantai Barat. Perintah ini dikeluarkan sebagai tanggapan atas serangan terhadap Pearl Harbor, Hawaii oleh Kekaisaran Jepang dan banyak orang Amerika percaya bahwa semua orang keturunan Jepang akan menjadi mata-mata Jepang selama Perang Dunia II.

Pemerintah mulai memindahkan orang-orang ke kamp-kamp interniran di dekat pusat-pusat perakitan di mana mereka diproses dan kemudian dipindahkan ke kamp-kamp lain di seluruh negeri. Banyak keluarga yang terpisah ketika mereka tiba di pusat-pusat perakitan ini karena beberapa anggota keluarga diizinkan untuk tinggal sementara yang lain dikirim ke berbagai bagian negara.

20 November 1969

Pada hari ini di tahun 1969, astronot Apollo 12 Pete Conrad dan Alan Bean mendarat di bulan dan mengumpulkan 47 pon batu bulan untuk diperiksa kembali di Bumi.

Pada hari ini di tahun 1969, astronot Apollo 12, Pete Conrad dan Alan Bean, mendarat di bulan dan mengumpulkan 47 pon batu bulan untuk diperiksa kembali di Bumi. Para astronot mendarat di Oceanus Procellarum, yang dalam bahasa Latin berarti “Lautan Badai”.

Misi Apollo 12 juga menandai pertama kalinya manusia meninggalkan jejak kakinya di dunia lain. Setelah mengumpulkan sampel dari permukaan, Komandan Conrad berkomentar: “Itu adalah satu langkah kecil bagi manusia; satu lompatan raksasa bagi umat manusia.”

20 November 1970

Pada hari ini di tahun 1970, penulis Soviet Alexander Solzhenitsyn dianugerahi Hadiah Nobel Sastra tetapi tidak dapat menerimanya karena pengasingannya dari Uni Soviet.

Pada hari ini di tahun 1970, penulis Soviet Alexander Solzhenitsyn dianugerahi Hadiah Nobel Sastra, tetapi tidak dapat menerimanya karena pengasingannya dari Uni Soviet.

Solzhenitsyn adalah seorang penulis Rusia yang menghabiskan 20 tahun sebagai narapidana kamp kerja paksa Soviet karena menulis buku tentang pembersihan Stalin. Dia dianugerahi Hadiah Nobel Sastra pada tahun 1970 dan kemudian diasingkan dari Uni Soviet karena pandangan politiknya.

20 November 2008

Pada hari ini di tahun 2008, Barack Obama menjadi orang kulit hitam pertama yang terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ketika ia mengalahkan kandidat Partai Republik John McCain dengan selisih suara yang lebar dalam Electoral College.

Pada tanggal 4 November 2008, Barack Obama menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ketika ia mengalahkan kandidat dari Partai Republik, John McCain, dengan selisih yang lebar di Electoral College.

Lahir di Honolulu, Hawaii pada tanggal 4 Agustus 1961 dari pasangan Barack Sr, seorang profesor ekonomi dari Kenya dan Ann Dunham, seorang antropolog dari Wichita, Kansas; Obama dibesarkan bersama ibu dan keluarganya setelah orang tuanya berpisah ketika ia berusia dua tahun.

Dia lulus dari Columbia University di New York City dengan gelar di bidang ilmu politik sebelum kuliah di Harvard Law School di mana dia meraih gelar Juris Doctorate. Setelah sekolah hukum, Obama bekerja sebagai pengorganisir masyarakat untuk penduduk berpenghasilan rendah di South Side Chicago sebelum menjabat sebagai pengacara hak-hak sipil di Miner H & L Block di mana ia bekerja pada kasus-kasus yang melibatkan diskriminasi perumahan.

Dia memasuki dunia politik pada tahun 1995 ketika dia memenangkan pemilihan untuk kursi Senat Negara Bagian Illinois yang mewakili Distrik 13 yang mencakup lingkungan South Side Chicago seperti Woodlawn Park dan bagian Hyde Park yang sebelumnya diwakili oleh mantan Presiden Richard M Nixon (yang pernah bersekolah di Kenwood High School saat tinggal bersama orang tuanya di dekatnya).

Kami harap Anda menikmati belajar tentang peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ini. Jika ada topik lain yang ingin Anda baca, beri tahu kami di komentar!