Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bendera Laos 3 Warna

Bendera Laos didesain menggunakan tiga garis horizontal, bagian atas berwarna merah, tengah berwarna biru, di bagian paling bawah berwarna merah. Tepat pada bagian tengah terdapat lingkaran warna putih.

Bendera nasional Laos diadopsi pertama kali tahun 1945, ketika itu salah satu negara anggota ASEAN dipimpin oleh Lao Issara 1945-46, kemudian oleh Pathet Lao. Bendera tersebut termasuk salah satu bendera negara komunis saat ini (selain Kuba) yang tidak menggunakan simbolisme komunis apapun pada bendera nasional dan satu-satunya negara komunis saat ini yang tidak menggunakan bintang berujung lima di bendera sebagai lambang.

Bendera saat ini diadopsi pada tanggal 2 Desember 1975 ketika menjadi negara sosialis. Di bawah ini adalah gambar bendera Laos:

Gambar Bendera Laos terbaru
Bendera Negara Laos

Sejarah Bendera Laos
Bendera Laos yang digunakan saat ini didesain tahun 1945 oleh Maha Sila Viravong, seorang nasionalis Laos yang terkenal, intelektual, dan sarjana tradisional sastra, sejarah, dan budaya Laos.

Maha Sila Viravong termasuk sebagai salah satu anggota dari pemerintah Lao Issara, yang ditugaskan untuk membuat bendera baru yang berbeda dari bendera royalis (bendera merah dengan putih gajah berkepala tiga) yang telah menjadi bendera monarki Luang Prabang. Seperti yang telah inspirasikan Thailand yang ditahun 1917 mengadopsi bendera merah-putih-biru sebagai bendera nasionalnya daripada menggunakan bendera royalis tradisional (bendera merah dengan gajah putih).

Sesuai dengan pembentukan pemerintah Lao Issara dan konstitusi Laos pertamanya pada 12 Oktober 1945 bendera Viravong ini diadopsi oleh pemerintah baru sebagai bendera nasional sampai pengambilalihan Perancis pada tahun 1946. Lao Issara, sebagai gerakan politik, lanjut untuk menggunakan bendera di pengasingan hingga pembubarannya pada tahun 1949.

Penggantinya yang dipimpin oleh komunis, Pathet Lao, menggunakan kembali bendera Viravong untuk mewakili gerakan hingga jatuhnya pemerintahan kerajaan pada tahun 1975 Ketika Pathet Lao mengadopsi kembali bendera itu sebagai bendera nasional.

Dari 1952 hingga jatuhnya pemerintahan kerajaan pada tahun 1975 negara memiliki bendera merah, dengan putih gajah berkepala tiga (mewakili dewa Hindu Erawan) di tengah. Di atas gajah adalah payung lipat-sembilan, sementara gajah berdiri di atas alas lima tingkat. Gajah putih adalah simbol kerajaan umum di Asia Tenggara, terutama di Thailand dan Laos. Bendera ini diadopsi oleh monarki kerajaan Luang Phrabang sejak Awal abad ke-20 di bawah kekuasaan Perancis, terinspirasi oleh bendera yang serupa (bendera merah dengan gajah putih tunggal) di Thailand pada waktu itu.


Untuk mengetahui lebih jauh mengenai negara Laos, silahkan baca: